5/5 - (2 votes)

Suka menata ruangan di rumah dan menata perabotan supaya rumah terlihat lebih inda? Mungkin jurusan desain interior sangat cocok dengan Anda yang sedang bingung memilih jurusan kuliah. Jurusan yang berfokus pada perancangan dan penataan interior rumah ini bisa menjadi opsi yang bisa dipertimbangkan.

Tertarik untuk masuk ke jurusan ini? Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui universitas mana saja yang menyediakan jurusan ini dan menjadi yang terbaik di Indonesia. Mendapatkan pendidikan di tempat yang terjamin tentu akan lebih menguntungkan.

10 Universitas dengan Jurusan Desain Interior Terbaik di Indonesia

Universitas dengan Jurusan Desain Interior

Berikut ini adalah 10 Universitas di Indonesia yang bisa dipertimbangkan untuk dipilih jika ingin berkarir di dunia desain interior.

  • Institut Teknologi Bandung (ITB)

Sudah ada sejak berdirinya ITB pada 1959, desain interior menjadi bagian dari Departemen Perencanaan dan Seni Rupa. Menjadi jurusan dengan prospek kerja yang cukup menarik membuat jurusan desain interior ITB menjadi incaran banyak calon mahasiswa di Indonesia.

Ribuan lulusan SMA di Indonesia tertarik untuk masuk ke jurusan ini meskipun daya tampungnya yang terkadang tidak sampai seratus orang.

  • Institut Teknologi Nasional (Itenas)

Jika Anda mencari kampus yang memiliki program studi desain interior di Bandung selain ITB, Itenas bisa menjadi opsi selanjutnya. Tidak perlu meragukan prodi desain interior di sini karena sudah mendapatkan akreditasi A selama 4 kali berturut-turut.

Beberapa perusahaan juga telah bekerja sama dengan Itenas sebagai bentuk kepercayaan terhadap prodi ini. Lulusan kampus ini juga memiliki pilihan karir yang beragam karena dibekali dengan ilmu-ilmu praktikal yang berguna di dunia kerja.

Info : Jasa Desain Interior Bekasi

  • Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Mencari kampus yang memiliki jurusan desain interior di Surabaya? Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) ini tentu saja bisa dipertimbangkan. Sudah ada sejak tahun 2013, Departemen Desain Interior ITS sudah berakreditasi A pada tahun 2020 lalu.

Selain itu, Departemen Desain Interior di ITS juga merupakan program studi yang memiliki reputasi tingkat internasional dalam bidang studi desain interior terutama yang menunjang industri kreatif yang berwawasan lingkingan dan budaya nasional.

  • Universitas Kristen Petra (UK Petra)

Menjadi bagian dari Fakultas Seni dan Desain di UK Petra, Desain Interior menjadi jurusan yang menawarkan dua jenis peminatan yang meliputi Desain Produk Interior serta Desain Interior dan Styling.

Desain Interior juga menjadi jurusan yang tentunya sudah memiliki akreditasi A di Universitas Kristen Petra.

  • Institut Seni Indonesia Yogyakarta (ISI Jogja)

Institut Seni Indonesia Yogyakarta menjadi kampus dengan jurusan desain interior di jogja yang juga layak untuk dijadikan pilihan pasca sekolah. Ratusan calon mahasiswa bersaing untuk mendapatkan kursi di kampus ini setiap tahunnya.

Jika Anda ingin melanjutkan studi di ISI Jogja sebagai ahli desain interior, pastikan untuk siap memperebutkan puluhan kursi dengan ratusan calon mahasiswa lainnya.

Jurusan Desain Interior

  • Universitas Komputer Indonesia (Unikom)

Berikutnya ada Universitas Komputer Indonesia atau biasa dikenal dengan Unikom. Sesuai dengan karakternya yang berfokus pada pemanfaatan teknologi komputer, Prodi Desain Interior di Unikom tentunya sudah memaksimalkan desain menggunakan software di komputer.

Salah satu keunikan di kampus ini adalah hasil karya dan skripsi yang bagus dari mahasiswanya akan ditampilkan dalam bentuk video di situs web dari Unikom.

  • Universitas Sebelas Maret (UNS)

Jika Anda mengincar universitas dengan desain interior sebagai salah satu jurusan yang tersedia di dalamnya dan berada di daerah Jawa Tengah, Universitas Sebelas Maret (UNS) bisa menjadi pilihan Anda.

Lulusan dari jurusan ini sudah disiapkan untuk memiliki kompetensi sebagai Desainer Interior, Konsultan Perencanaan Interior, Pengawas Interior, Manajemen Konstruksi Interior, Pelaksana Proyek Interior, hingga Art Director Interior.

Tentu saja Desain Interior sudah menjadi jurusan dengan akreditasi A khususnya di tahun 2022 ini.

Info : Jasa Pembuatan Kitchen Set Bekasi

  • Institut Seni Indonesia Denpasar (ISI Denpasar)

ISI Denpasar menjadi pilihan selanjutnya bagi Anda yang ingin melanjutkan studi ke bagian desain interior. Menjadi kampus seni di Bali, ISI Denpasar menyediakan program studi Desain Interior sebagai salah satu jurusan dalam Fakultas Seni Rupa dan Desain.

Namun jika sudah memutuskan untuk masuk ke ISI Denpasar, Anda harus benar-benar mempersiapkan diri karena kuota mahasiswa yang diterima di kampus ini tidaklah banyak. Di tahun 2020 saja hanya sekitar 16 kursi yang disediakan untuk jurusan ini.

  • Universitas Bina Nusantara (Binus University)

Sudah ada sejak tahun 2008, jurusan desain interior di Binus University sudah memiliki akreditasi A sehingga tak perlu diragukan lagi. Menyediakan dosen-dosen yang berpengalaman di bidangnya, Binus menjamin lulusannya akan memiliki pilihan jenjang karir yang cukup luas.

Selain dua jenis pilihan yang dapat diambil saat kuliah yaitu Commercial and Hospitality Design serta Furniture and Interior Design Accessories, masing-masing pilihan juga memiliki pilihan karir yang sangat beragam.

Mulai dari interior design contractor, real estate/property contractor, project management, furniture designer hingga book writer bisa menjadi pilihan karir dari lulusan Binus karena dinilai sudah memiliki bekal yang cukup.

  • Universitas Telkom

Rekomendasi universitas dengan desain interior sebagai pilihan jurusannya yang terakhir adalah Universitas Telkom. Program Studi Desain Interior di sini tergabung dalam Fakultas Industri Kreatif dan sudah berdiri sejak tahun 1990.

Dengan pengalaman yang berpuluh-puluh tahun, tentu saja membuat kualitasnya sudah tidak perlu diragukan lagi dan pastinya sudah berakreditasi A.

Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Desain Interior?

jurusan desain interior

Untuk lebih memantapkan niat untuk masuk ke jurusan ini, tentu harus mengetahui apa yang akan dipelajari saat kuliah nanti. Pada dasarnya yang akan dipelajari di jurusan ini adalah hubungan antara manusia dengan ruang yang dihuni atau digunakan.

Misalnya saja tentang bagaimana menciptakan ruangan yang sesuai dengan sifat atau karakter dari penghuni/pengguna serta jenis kegiatannya. Desain ruangan harus bisa mendukung seluruh kebutuhan dari pengguna termasuk bisa memberikan kenyamanan saat berada di dalamnya.

Berikut ini adalah beberapa contoh dari apa saja yang dipelajari saat menjadi mahasiswa desain interior.

  • Bagaimana konsep desain muncul melalui proses kognitif
  • Kaitan antara keindahan dengan teologi
  • Sintesis cahaya dan bayangan, bentuk, ruang, warna, tekstur dan proporsi
  • Desain-desain pribumi atau domestik
  • Desain berdasarkan informasi yang diterima dari penglihatan, penciuman suara, sentuhan, gerak diri dan selera
  • Bagaimana warna dapat mempengaruhi psikis
  • Merancang mebel dan furnitur baik modern maupun tradisional
  • Dan masih banyak lagi yang akan dipelajari.

Rekomendasi universitas di atas hanyalah beberapa pilihan yang bisa diambil, dan tentu saja masih banyak universitas lain yang tidak termasuk ke dalam daftar namun tetap memiliki kualitas yang baik. Perlu diperhatikan bahwa daftar di atas tidak diurutkan berdasarkan ranking.

Jurusan desain interior yang ada di daftar tersebut tentunya sudah memiliki akreditasi A sehingga universitas manapun yang akan dipilih, Anda akan tetap mendapatkan pembelajaran yang berkualitas dan terjamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published

Verified by MonsterInsights