5/5 - (9 votes)

Desain Interior Kamar Tidur – Kamar tidur harusnya menjadi ruang yang selalu dinantikan siapapun untuk kembali di penghujung hari yang sibuk. Jika Anda tidak yakin apa yang harus diingat saat mendekorasi ruang tidur, ada beberapa desain interior kamar tidur di bawah ini yang bisa menjadi inspirasi.

Pada dasarnya, sebuah kamar tidur harus menciptakan tempat yang memberikan rasa damai namun juga tetap fungsional.Dengan beberapa ide desain interior ruang tidur ini, maka bisa membantu Anda mendapatkan hasil maksimal untuk menginspirasi tampilan kamar tidur Anda.

Contoh Desain Interior Kamar Tidur

Desain Interior Kamar Tidur
interiordesign.id

Kamar tidur harus menjadi tempat istirahat dan relaksasi yang baik, jadi penting untuk menjaga tampilan dan gangguan di ruang ini seminimal mungkin. Bagi yang ingin menciptakan perasaan tenang dan damai saat mendesain kamar tidur, berikut adalah pilihan ide yang bisa diterapkan :

1. Minimalis Industrial

Apakah Anda ingin memberikan sedikit perubahan pada rumah Anda? Kamar tidur bisa menjadi tempat yang menantang untuk membuat rumah Anda merasa dirancang dengan baik, karena semuanya tentang kenyamanan dan fungsionalitas. 

Desain minimalis industrial bisa menjadi ide pertama untuk diaplikasikan pada kamar tidur Anda. Lantai atau dinding kamar bisa menggunakan semen atau bisa juga diaplikasikan stiker semen untuk merepresentasikan konsep industrial.

Tambahkan beberapa garis tegas di antara lantai tegel atau dinding untuk mempecantik. Nah, agar memberi kesan minimalis, maka Anda bisa memastikan meja samping tempat tidur Anda memiliki laci di dalamnya untuk simpan beberapa barang.

Bisa juga tambahkan laci kotak di bawah tempat tidur atau pilihlah lemari atau meja rias yang lebih tinggi untuk memanfaatkan ruang vertikal. Menambahkan laci di ranjang atau meja samping tempat tidur adalah cara agar kamar tidur tidak terasa sempit dengan perabotan.

 Selain membuat sempit, kebanyakan perabotan hanya akan membuat  kamar Anda terasa terlalu berantakan dengan aksesori dan barang-barang lainnya. Adapun untuk mempercantik tampilan kamar, bisa tambahkan beberapa tanaman hias dinding atau dekorasi berupa sebuah lukisan.

Baca Juga : Jasa Buat Kitchen Set di Bekasi

2. Kamar Anak Minimalis

Bagi yang ingin menciptakan kamar anak yang  minimalis, maka bisa menggunakan barang seminimal mungkin. Fokusnya adalah dengan memasukkan hanya barang-barang penting yang diperlukan dalam semua desain kamar tidur kecil.

Jadi, fokus utama Anda adalah membuat tempat tidur yang menyisakan banyak space untuk anak agar bisa bermain atau berlarian. Jadi, coba tambahkan lemari dan satu buah meja samping untuk menyimpan barang-barang yang anak.

Selain itu, catlah dinding kamar dengan warna putih atau krem dengan linen berwarna serupa, karena tampilan itu akan membuat ruang yang kecil terlihat lapang dan cerah. 

Desain interior kamar tidur anak ini sangat menarik untuk diaplikasikan jika Anda memiliki built-in untuk ruang lemari dan penyimpanan tambahan, untuk membuat ruangan terlihat minimalis.

Desain Interior Kamar Tidur
interiordesign.id

3. Kamar Tidur Memanjang Dengan Ruang Kecil

Kamar tidur Anda harus menjadi tempat ternyaman untuk bersantai terlepas dari besar kecilnya ruangan. Untuk Anda yang memiliki kamar dengan ukuran kecil dan memanjang, maka bisa tambahkan barang seperlunya saja.

Dengan kamar yang kecil namun memanjang, Anda harus kreatif saat mencari ruang untuk menyimpan atau memajang barang-barang. Simpan pakaian, tas, pernak pernik di tempat, dan tanaman lebih baik dipajang di dinding.

Bisa juga Anda aplikasikan rak mengambang  untuk memanfaatkan ruang agar tidak memakan banyak tempat di kamar tidur Anda.

Meskipun Anda ingin aplikasikan rak terbuka sebagai ide yang bagus untuk meminimalisir ruangan, pastikan kamar tidak rentan terhadap debu atau dapat dibersihkan secara teratur.

Baca Juga : Desain Interior Bekasi Terbaik

4. Desain Elemen Kayu

 Anda yang ingin mencoba desain kamar dengan elemen kayu, maka bisa tambahkan dekorasi dan perabot dari kayu. Setiap perabot dan dekorasi ternyata memiliki visualisasi yang menarik dan mempengaruhi desain kamar.

Anda bisa tambahkan berbagai perabot dengan elemen kayu, demikian juga dekorasi kamar. Jika perlu, Anda bisa tambahkan wallpaper seperti kayu untuk membuat ruangan terlihat lebih natural. 

Jika furnitur Anda semuanya dalam warna coklat  kayu yang sama, maka menambahkan wallpaper yang estetis di satu sisi ruangan dapat memberikan sedikit visualisasi kece. Jika tidak ingin menggunakan wallpaper kayu, maka Anda bisa sesuaikan  dengan gaya pribadi Anda. 

Penambahan wallpaper bagus diaplikasikan untuk setiap desain kamar tidur kecil ketika dinding tidak dapat dicat. Apalagi jika Anda tidak ingin menambahkan hiasan dinding, wallpaper kayu akan menambahkan elemen visual yang menarik ke ruangan tidur Anda.

5. Desain Shabby Chic

Inspirasi satu ini kebanyakan disukai oleh wanita karena memiliki tampilan yang sangat soft. Permainan warna sangat penting untuk menambahkan kesan soft pada kamar tidur dengan desain shabby chic.

Kamar tidur yang indah dengan konsep shabby chic dimaksudkan untuk memberikan ruangan yang menenangkan dan nyaman, dan warna terbaik untuk mencapainya adalah skema warna yang lembut. Anda bisa aplikasikan warna netral seperti putih dan krem atau palet warna terang seperti pink atau lavender.

Namun, jika warna favorit Anda adalah warna-warna yang berani, jangan ragu untuk bereksperimen dengan berbagai cara untuk menambahkan sembulan warna yang menarik. Selain cat dinding yang jadi pertimbangan, cobalah sesuaikan pemilihan warna dari selimut, seprai atau gorden.

Desain Interior Kamar Tidur

6. Desain Maroko

Kamar dengan desain ala Maroko lebih cenderung memainkan warna baik dinding maupun perabotan yang dimiliki. Jadi, rata-rata warna yang digunakan ini adalah warna-warna mencolok disertai dengan motif tertentu. 

Jika dilihat sekilas, maka kamar dengan desain Maroko ini terlihat sangat ramai. Desain ini disukai karena terlihat lebih romantic meskipun memang nampak ramai.

Baca Juga : Universitas dengan Jurusan Desain Interior Terbaik di Indonesia

Selain bermain dengan warna dan dekorasi, Anda juga perlu memperhatikan pencahayaan kamar. Dengan konsep ini, Anda tidak hanya mengandalkan lampu di atas kepala atau lampu meja, namun juga menambahkan beberapa sumber cahaya berbeda yang dapat Anda nyalakan dan matikan.

7. Desain Modern Kontemporer

Inspirasi desain interior kamar tidur yang terakhir adalah modern kontemporer. Gaya kontemporer adalah desain kamar tidur yang banyak disukai oleh anak muda saat ini. 

Desain  ini membutuhkan warna-warna yang menenangkan dengan memilih  abu-abu atau putih. Tambahkan juga dekorasi berupa lampu gantung di kedua sisi sehingga membuat desain interior ruang tidur ini terlihat kekinian.

Colorblocking dengan rona pastel juga bisa dipertimbangkan untuk desain kamar tidur modern. Dinding dengan warna abu-abu atau pastel membantu mengurangi kecerahan secara keseluruhan dalam kamar tidur.

Saat memikirkan desain interior untuk kamar tidur, jangan terlalu terjebak dalam inspirasi mendekorasi yang sama persis namun berakhir dengan kamar tidur yang terasa tidak cocok untuk Anda. Ingatlah, kamar tidur Anda harus terasa nyaman dan disesuaikan dengan kebutuhan Anda,

Jadi pastikan saat mendekorasi, Anda bertanya pada diri sendiri apa yang sekiranya yang menarik untuk diaplikasikan. Jika Anda menyukai sesuatu yang spesifik,  baik itu menempatkan tanaman hijau atau meja kecil untuk memberikan ruang ke dalam desain interior kamar tidur, maka aplikasikan saja!

Leave a Reply

Your email address will not be published

Verified by MonsterInsights