5/5 - (5 votes)

Apa Saja Alat Untuk Melukis – Melukis adalah kegiatan yang seru untuk memanfaatkan waktu luang. Saat melukis tentunya harus memiliki beberapa peralatan pendukungnya. Sehingga dapat menghasilkan lukisan dengan objek yang diinginkan dengan alat dan bahan tersebut.

Apa Saja Alat Untuk Melukis

Apa Saja Alat untuk Melukis? Berikut Cara Memilihnya

  • Palet

Palet biasanya memiliki bentuk yang hampir sama dari pelukis pemula ataupun profesional. Akan tetapi, penggunaan palet ini juga harus memilih lubang yang tidak begitu dalam. Hal ini dimaksudkan, supaya nantinya memberikan kemudahan saat ingin mencampurkan warna yang satu dengan warna lainnya. Selain itu, juga pastikan lubangnya tidak terlalu datar.

Gunakanlah palet yang lebih licin supaya cat minyak yang dituangkan tidak mudah meresap. Jika palet tersebut menggunakan material dari kayu, tentunya bisa dengan memilih material yang telah diberikan lapisan bahan pelicin.

  • Kuas

Apa saja alat untuk melukis bagi pemula salah satunya adalah kuas. Pilihlah jenis kuas yang memiliki bulu lebih lembut. Pastikan untuk tidak menggunakan kuas yang teksturnya sangat kaku ataupun terlalu lembek dan kuas tersebut harus dalam kondisi lurus. Anda juga harus memperhatikan tekstur bulu, pilihlah kuas yang memiliki bulu cukup panjang dengan sama rata dan tidak bercabang.

Pengecekan bulu kuas yang lurus bisa menggunakan tangan kanan dan pegang bagian ujung bulu tersebut. Sementara itu, tangan kiri pegang bagian pangkal bulu, kemudian putarlah secara pelan-pelan.

Apabila dari bulu tersebut lurus lagi tentunya sudah dipastikan bahwasanya kuas memiliki kualitas terbaik. Kualitas kuas yang bagus saat dicelupkan pada cat, biasanya bagian ujung langsung mengumpul. Ketika sudah digoreskan pada media lukis dan diangkat tetap dalam keadaan mengumpul.

  • Kanvas

Jika Anda ingin melukis tentunya harus mengetahui apa saja alat untuk melukis sederhana. Salah satu yang bisa digunakan adalah kanvas. Memilih jenis kanvas harus memperhatikan bagian pori-porinya yang tidak terlalu sedikit ataupun tidak terlalu besar.

Cara untuk melihat tekstur tersebut bisa mengecek bagian permukaan belakang bahan kanvas. Anda bisa memilih kanvas dengan pori-pori yang tertutup secara sempurna menggunakan lapisan cat putih. Selain itu, lapisan cat tersebut juga tidak mudah retak saat digunakan.

  • Kertas

Apa saja alat untuk melukis yang dapat digunakan selain material kanvas. Pilihan bahan tersebut salah satunya kertas gambar ataupun kertas lukis. Biasanya, jika ingin melukis dengan kertas harus memilih yang lebih tebal dibandingkan dengan kertas biasa.

Gunakan jenis kertas yang seratnya sedikit lebih kasar supaya nantinya pastel ataupun cat mudah meresap ke pori-pori kertas. Selain itu, juga bisa memilih kertas scetch book untuk dijadikan sebagai media lukis.

  • Cat

Cat yang bagus digunakan melukis yaitu cat yang warnanya terlihat kuat, cemerlang dan tidak mudah mengering. Gunakan set yang ketika disimpan dalam jangka waktu cukup lama tidak mengalami kerusakan. Akan tetapi, harus memastikan bahwasanya cat yang dipilih tersebut disimpan dengan kondisi tertutup.

Harga cat yang mahal memang menentukan kualitas cat terbaik. Namun, jika anggaran pajak untuk membeli cat tidak begitu besar tentunya tidak harus mendapatkan chat mahal. Saat sudah mendapatkan merk kepercayaan cat tentunya bisa selalu menggunakan merk tersebut.

Jenis Cat Yang Bisa Digunakan Untuk Melukis

  • Cat Gouache

Cat Gouache merupakan cat yang memiliki pigmen. Adanya zat pengikat tersebut menggunakan getah pohon akasia serta pigmen putih solid. Jenis cat yang satu ini lebih banyak dimanfaatkan di sekolah-sekolah. Penggunaannya sendiri juga sangat mudah untuk diaplikasikan dalam melukis.

Ketika ingin memanfaatkan cat ini sebaiknya mengencerkan terlebih dahulu dengan air. Anda bisa menggunakannya di semua jenis kertas.

Nantinya akan memperlihatkan tampilan yang lebih buram dibandingkan dengan cat air. Harga yang ditawarkan juga lebih murah karena komposisi yang dipilih dan cat lebih dipergunakan bagi anak-anak.

  • Cat Air

Apa saja alat untuk melukis yang bagus salah satunya yang banyak digunakan adalah cat air. Pengaplikasian cat air tidak perlu menggunakan banyak peralatan. Jika ingin melukis menggunakan cat air hanya perlu air sebagai pengencer, kuas dan permukaan jalan yang dijadikan kanvas. Cat air ini dari pigmen yang telah dihaluskan.

Sehingga sangat cocok untuk kertas khusus yang memiliki kelebihan dalam menyerap air tanpa menimbulkan kerusakan. Anda bisa memilih buku catatan dari bahan kertas yang dapat dibawa ke mana saja.

  • Cat Semprot

Cat semprot lebih mudah digunakan karena dalam pengaplikasiannya cukup disemprotkan saja. Teknik melukis dengan cat semprot ini dikenal dengan sebutan spray painting. Pastinya bukan menjadi teknik yang sederhana untuk dilakukan oleh pemula. Dalam menggunakan cat ini memiliki perbedaan dari beberapa cat yang lain.

Saat menggunakan cat semprot tentunya akan butuh media yang ukurannya jauh lebih besar. Sehingga tidak tepat apabila menjadi cat untuk melukis di kertas. Mengingat nantinya akan membutuhkan imajinasi dan keterampilan yang berbeda.

  • Cat Minyak

Apa saja alat untuk melukis di kanvas yang bisa dijadikan pilihan tentunya ketersediaan cat minyak. Pembuatan cat minyak ini dengan pigmen dan mengeringkan minyak.

Sekarang ini sudah banyak seniman lukis yang memilih untuk cat minyak dalam membuat hasil lukisan. Pengaplikasiannya sendiri membutuhkan tiga lapisan untuk melukis sampai di hasil akhirnya.

Pada lapisan pertama harus menggunakan minyak untuk pembuatan garis besar. Kemudian, melanjutkan untuk lapisan cat dengan tingkat kekentalan yang lebih banyak tambahan minyaknya. Lukisan yang menambahkan sejumlah lapisan memberikan kemudahan jika terjadi kesalahan yang telah dibuat.

  • Cat Tekstil

Apa saja alat untuk melukis tentunya Anda bisa memilih cat tekstil. Salah satu jenis cat ini biasanya dimanfaatkan pada medium lukis tekstil.

Jika ingin menggambar dengan cat tekstil pada kaos, saat sudah selesai kaos tersebut harus disetrika terlebih dahulu. Pastikan juga tidak sampai terkena secara langsung di lukisan tersebut.

Cat yang satu ini juga diberikan campuran air. Dengan menggunakan cat tekstil tentunya bisa membuat kreativitas untuk menciptakan hasil lukisan yang sangat bagus. Pastinya penggunaan alat gambar menjadi penentu untuk menghasilkan lukisan sesuai keinginan.

  • Cat Poster

Saat membuat lukisan harus memperhatikan apa saja alat untuk melukis yang harus tersedia. Seperti dengan pilihan cat poster yang menggunakan bahan dasar dari air.

Tekstur cat poster ini sifatnya opaque jika dibandingkan dengan cat air dan biasanya lebih pekat. Cat poster lebih banyak dipilih untuk membuat poster supaya hasilnya maksimal.

Karakter yang dihasilkan saat menggunakan cat poster akan terlihat merata di bidang gambar tersebut. Cat poster mempunyai nama lain yakni cat plakat. Tidak hanya dicampurkan dengan menggunakan air. Namun, Anda juga bisa memberikan tambahan campuran berupa minyak.

Ketika menggunakan cat poster biasanya akan lebih cepat mengering. Pengaplikasian cat poster lebih banyak digunakan untuk medium kertas.

Apa saja alat untuk melukis yang perlu diperhatikan? Dalam melukis tentunya harus memilih peralatan yang sesuai. Salah satunya jenis cat yang sesuai media lukis yang digunakan.

Jika membutuhkan berbagai peralatan melukis Anda bisa memesannya dari alatlukis.co.id dan menghubungi kami di WhatsApp 0877-7060-0078 atau lewat email di [email protected].

Leave a Reply

Your email address will not be published

Verified by MonsterInsights