5/5 - (6 votes)

Danau Situ Cibeureum Bekasi -Tidak hanya terkenal akan kawasan industrinya, Bekasi juga dikenal memiliki tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu tempat wisata alam eksotis yang terkenal di kalangan wisatawan yaitu Danau Cibeureum Bekasi.

Pada artikel kali ini akan diulas sampai tuntas terkait Danau Cibeureum mulai dari informasi umum, luas dan kedalamannya, mitos yang dipercaya, fasilitas, daya tarik, rute, hingga kiat saat mengunjungi Danau Cibeureum. Penasaran? Baca sampai tuntas.

Informasi Seputar Danau Situ Cibeureum Bekasi

Danau Cibeureum Bekasi

Danau Cibeureum atau dikenal pula dengan nama Situ Cibeureum adalah salah satu wisata alam yang berada di Kabupaten Bekasi. Danau ini memiliki panorama alam yang unik, indah, dan eksotis ketika senja.

Saking indahnya, danau ini seringkali digunakan sebagai tempat hunting foto bagi para pecinta fotografi. Selain itu, beberapa komunitas remaja sering menjadikan danau ini sebagai tempat berkumpul dan bersantai.

Danau Cibeureum memiliki daratan atau pulau kecil di tengahnya yang ditumbuhi dengan pohon rindang dan rerumputan. Daratan tersebut sering disebut sebagai ‘Pulau Samosir’ oleh orang sekitar. Danau ini terbentuk secara alami yang berada di atas tanah dengan kontur cekung.

Cekungan tersebut menyebabkan keadaan air tertahan di permukaan karena adanya lekukan. Danau atau Situ Cibeureum dikelola oleh Perum Jasa Tirta (PJT) II Jatiluhur dan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC). Sedangkan, wisata airnya dikelola oleh warga sekitar.

  • Lokasi: Desa Lambangjaya dan Desa Lambangsari, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.
  • Harga tiket masuk: Gratis (diluar sewa rakitan dan parkir).
  • Jam buka: 24 jam setiap hari.

Luas dan Kedalaman Danau Cibeureum Tambun Selatan Bekasi

Gazebo danau cibeureum grand galaxy bekasi

Berdasarkan Perda Nomor 12 Tahun 2011 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Bekasi, luas Danau Cibeureum mencapai 45 hektar. Namun, adanya pengerukan dan perbaikan pintu air membuat luas Danau Cibeureum menjadi 24,37 hektar saja.

Selain mengalami penyempitan, Danau Cibeureum juga mengalami pendangkalan atau pengurangan kedalaman. Hal tersebut menyebabkan danau ini terkadang terlihat kering kerontang saat musim kemarau panjang.

Dapatkan Informasi : Rainbow Garden Bekasi.

Mitos Buaya Putih yang Ada di Situ Cibeureum

Selain dari keindahannya, ternyata mitos atau legenda yang beredar di Danau situ Cibeureum Bekasi ikut andil dalam menarik wisatawan. Mitos apakah itu? Terdapat kisah legenda yang berkembang di masyarakat Tambun yaitu mitos siluman buaya putih yang ada di Danau Cibeureum Grand Wisata Tambun Bekasi.

Menurut warga setempat, siluman buaya putih merupakan penghuni dari kerajaan makhluk halus yang berada di dasar danau. Katanya, warga sekitar dan beberapa pekerja yang membangun Perumahan Grand Wisata mengaku pernah melihat buaya putih sedang berkeliaran di danau. Kisah itulah yang menyebabkan banyak orang penasaran dan datang berkunjung, berbeda dengan wisata danau marakas bekasi.

Fasilitas yang Tersedia di Danau Cibeureum

Kuliner Makanan di Danau Cireburem Bekasi

Dalam rangka memberi kemudahan dan rasa nyaman kepada pengunjung, pengelola Danau Cibeureum Bekasi menyiapkan beberapa fasilitas. Fasilitas ini bisa membuat pengunjung merasa betah berada di lokasi wisata ini. Berikut beberapa fasilitasnya:

  • Tempat parkir
  • Toilet
  • Warung makan
  • Tempat pemancingan
  • Spot mancing ikan
  • Tempat Bersepeda
  • Rakit
  • Warung oleh-oleh
  • Gazebo
  • Kuliner sop tutut Cibeureum

Jadi, Anda tidak perlu segan-segan lagi jika ingin mengunjungi Danau atau Situ Cibeureum karena fasilitas yang disediakan sudah cukup lengkap, sebagaimana tempat wisata bekasi yang lainnya.

Daya Tarik Danau Cibeureum Bekasi

Daya Tarik Danau Cireburem Bekasi

1. Pesona Alamnya

Danau Cibeureum memiliki ciri khas airnya yang tenang dengan suasana yang sejuk. Apalagi jika matahari sudah mulai terbenam / tenggelam, panorama eksotis yang terlihat sangat memanjakan mata. Tentu saja hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi Situ Cibeureum.

2. Pulau Kecil di Tengah Danau

Di tengah-tengah danau, terdapat daratan kecil yang dipenuhi dengan pohon rindang dan rerumputan atau dikenal juga dengan ‘Pulau Samosir-nya Danau Cibeureum’.

Bagi Anda yang ingin menepi di pulau tersebut, Anda bisa menggunakan rarakitan atau perahu untuk menuju kesana. Perlu diketahui, bahwa Anda perlu merogoh kocek lebih untuk membayar jasa rarakitan getek atau perahu tersebut.

3. Tempat Pemancingan

Mengingat danau ini mengandung air tawar, terdapat banyak ikan jenis air tawar seperti ikan gabus, ikan keting, ikan mujair, ikan tawes, dan lain sebagainya. Lebih mengejutkannya lagi, Anda bisa mancing sepuasnya tanpa dipungut biaya.

Namun, tetap jaga lingkungan danau dengan baik dengan memancing menggunakan peralatan yang aman. Jangan sekali-kali mencoba untuk mengambil ikan menggunakan peledak atau bahan berbahaya lainnya.

4. Kuliner di Sekitarnya

Warung makan yang ada di sekitar danau dilengkapi dengan saung yang menghadap danau. Jadi, Anda bisa menyantap lezatnya makanan sekaligus memandang indahnya danau.

Makanan yang menjadi ciri khas disini yaitu ikan bakar yang dibumbui sambal kecap atau pecak khas Betawi. Selain ikan, terdapat pula bakso, mie ayam, toge goreng, sayur tutut, dan lain sebagainya. Jika ingin sekadar menyantap kudapan, Anda juga bisa membeli aneka gorengan.

5. Manfaatnya

Selain indah, danau ini juga membawa manfaat bagi masyarakat sekitarnya. Dahulu, kawasan danau dijadikan sebagai tempat mencari kangkung atau ikan dan menjadi sumber irigasi pertanian. Saat ini, Situ Cibeureum memiliki fungsi sebagai kolam retensi untuk mencegah banjir.

6. Perahu atau Rarakitan

Akibat permukaan airnya yang tenang, wisatawan dapat menyusuri area danau dengan menyewa perahu kayu atau rarakitan. Dengan biaya sewa sebesar Rp10.000,00 per orangnya, Anda sudah bisa menjelajahi area danau bersama tiupan angin semilir yang dapat melepaskan penat.

Rute Menuju Wisata Situ Cibeureum

Anda bisa menggunakan kendaraan motor atau mobil untuk menuju objek wisata Danau Cibeureum Bekasi. Apabila Anda berasal dari arah Terminal Bekasi Kota, pilih ke arah Barat Laut menuju Jalan Ir. H. Juanda.

Setelah itu melihat ATM BNI Borobudur Bekasi, belok kiri menuju Jalan Lapang Serbaguna. Kemudian, belok kiri lagi ke Jalan Baru Underpass atau Bekasi tengah. Setelah belok kiri ke Jalan Khairil Anwar, belok kanan ke Jalan HM. Joyo Martono.

Setelah 160 meter, pilih Jalan Tol Jakarta-Cikampek hingga 3,6 kilometer dan keluar menuju Mustika Jaya atau Tambun, kemudian belok kiri agar tetap di Jalan Boulevard.

Setelah melihat bundaran, ambil jalan keluar kedua dan menuju ke Jalan Business Boulevard. Pilih jalan keluar yang pertama ke arah Jalan Grand Lake Boulevard atau Jalan Baru Grand Wisata.

Setelah berjalan sekitar 550 meter, putar balik lalu belok kiri menuju Jalan Cibeureum, kemudian melaju sekitar 950 meter. Selanjutnya, belok kanan hingga sampai di Danau Cibeureum Bekasi.

Lokasi danau ini bersebelahan dengan kolam renang Go! Wet Waterpark dan berada di bagian belakang pembangunan Grand Wisata Bekasi.

Tips Berkunjung ke Danau Situ Cibeureum Bekasi

  • Apabila Anda tidak suka berkunjung saat ramai, hindari waktu-waktu tertentu seperti saat liburan sekolah, lebaran, atau cuti bersama.
  • Kedua, gunakan petunjuk jalan atau ikuti rute di atas jika Anda belum pernah mengunjungi tempat ini sebelumnya.
  • Terakhir, selalu patuhi peraturan yang ada di lokasi tersebut demi kebaikan bersama.

Itulah ulasan terkait Danau situ Cibeureum Bekasi. Sangat menarik untuk dikunjungi bukan? Bagi warga Bekasi yang ingin merasakan liburan bersama keluarga tanpa harus mengeluarkan banyak uang, langsung saja kunjungi Danau Cibeureum, salam penduduk Tambun Selatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published

Verified by MonsterInsights