5/5 - (9 votes)

Sedang mencari tempat wisata kekinian yang tidak terlalu jauh dari kota? Jika iya, maka Danau Tambelang atau Arjuna Samba Bekasi adalah opsi yang tepat untuk dikunjungi. Pasalnya, danau ini hanya berjarak sekitar 30 kilometer dan dapat ditempuh dalam waktu satu setengah jam dari Kota Bekasi. Menarik, bukan? Tetapi, masih banyak, lho, hal menarik dari dua danau ini. Mari bahas satu per satu!

Danau Tambelang Bekasi

Danau Tambelang Bekasi

 

Danau ini memiliki pemandangan danau yang indah dan terdapat angin sepoi-sepoi yang membuat pengunjung betah untuk berlama-lama di tempat ini. Supaya lebih seru lagi, Anda bisa mengajak teman, keluarga, atau pasangan untuk berwisata bersama.

Apalagi, disini terdapat fasilitas perahu naga dan sepeda air yang mampu membawa Anda mengitari area danau. Sebelum berubah nama, danau ini dulunya bernama Danau Samba, kemudian terdapat pengusaha asal Jakarta yang mengambil alih untuk mengelola tempat ini.

Jadi, namanya pun diubah menjadi Danau Tambelang. Alasan dibangunnya danau ini adalah untuk memulihkan ekonomi masyarakat sekitar pasca pandemi Covid-19. Oleh karena itu, pengelola danau memutuskan untuk bekerja sama dengan pelaku UMKM yang berada di daerah sekitar danau. Selain itu wisata danau tambelang juga terdapat di dekat beberapa wisata lainnya di antaranya : danau arjuna samba bekasi dan desa wisata yang biasa disebut kampung gabus cikarang kabupaten bekasi. Yuk buruan ke objek wisata bekasi ini.

1. Harga Tiket Masuk dan Lokasi

Dengan budget Rp10.000,00 per orangnya, Anda sudah bisa menikmati berwisata ke wilayah danau. Cukup terjangkau, bukan?

Danau ini berlokasi di Jalan Raya Tambelang, Sukarapih, Kecamatan Tambelang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Anda bisa menggunakan angkutan umum atau membawa kendaraan pribadi untuk menuju ke lokasinya.

Anda bisa menggunakan bantuan peta yang ada di ponsel pintar apabila masih kesulitan saat mencari tempat ini. Cukup ketikkan “Danau Tambelang” di ponsel dan ikuti arahannya, Anda sudah bisa sampai di lokasi.

2. Kelebihan Danau Tambelang

Danau Tambelang Bekasi

a.  Suasana

Menyajikan pemandangan danau yang luas ditemani tiupan angin sepoi-sepoi membuat danau yang ada di Kabupaten Bekasi ini menjadi lokasi yang cocok untuk menenangkan pikiran. Tempat ini cocok untuk menghilangkan stres akibat pekerjaan sehari-hari.

Apabila ingin duduk-duduk, terdapat saung yang di sekitar danau yang bisa Anda gunakan untuk duduk bersama dengan keluarga atau kerabat.

Disamping itu, terdapat kolam ikan yang lokasinya tidak terlalu jauh dari tempat duduk. Jadi, Anda bisa duduk-duduk santai ditemani suara air mengalir yang berasal dari kolam ikan.

b. Perahu Kayuh

Berjalan atau duduk di sekitar danau masih belum puas? Mungkin Anda perlu mencoba menjelajahi wilayah perairan danau menggunakan perahu kayuh. Dengan biaya sebesar Rp20.000,00 untuk satu jamnya, Anda sudah bisa menikmati indahnya perairan sambil mengayuh perahu.

c.  Makanan

Setelah puas bermain dan bersantai, terkadang kita merasa lapar, bukan? Kabar baiknya, disini terdapat beberapa warung yang menjual mie ayam, bakso, sop buah, jus, es kelapa, dan menu lainnya yang siap untuk menemani kala kelaparan.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir kesusahan mencari makan atau minum ketika mengunjungi tempat ini. Namun, Anda perlu sedikit bersabar menunggu antrian ketika memesan makanan.

d.  Mushola

Bagi pemeluk agama Islam, terdapat fasilitas mushola yang dapat digunakan untuk beribadah shalat. Mushola ini juga dilengkapi dengan tempat wudhu-nya.

e.  Parkiran yang Luas

Anda tidak perlu cemas apabila tidak mendapat lokasi parkir saat mengunjungi danau ini. Sebab, lahan parkir yang tersedia di tempat ini cukup luas dan mampu memuat banyak motor/mobil.

Namun, perlu diingat bahwa terdapat biaya parkir yang harus dibayarkan mulai dari Rp3.000,00 jika Anda membawa kendaraan motor atau mobil pribadi.

f.   Spot Foto yang Instagramable

Kurang afdol rasanya jika mengunjungi suatu tempat tanpa mengambil foto sebagai kenang-kenangan. Maka dari itu, Anda bisa berfoto di spot foto yang telah tersedia, seperti di air terjun gurita. Selain sebagai kenang-kenangan, foto tersebut juga dapat mempercantik feed media sosial Anda.

Kini di bekasi hadir danau situ cibeureum Bekasi, sebagai alternatif wisata selain danau arjuna samba dan danau tambelang cikarang kabupaten bekasi.

Danau Arjuna Samba Tambelang Cikarang Bekasi

Danau Arjuna Samba Cikarang Bekasi

Danau Arjuna Samba merupakan danau buatan yang menjadi destinasi wisata dalam kota yang lokasinya tidak terlalu jauh dari Danau Tambelang. Dengan luas area sekitar 8 hektar, Danau Arjuna Samba cocok dijadikan tempat rekreasi dan hiburan setelah jenuhnya rutinitas sehari-hari.

1. Jam Buka

Pada hari Senin-Sabtu, Danau Arjuna Samba buka mulai dari jam 9 pagi hingga jam 9 malam. Sedangkan, pada hari Minggu buka lebih awal, yaitu jam 7 pagi sampai jam 10 malam.

2. Harga Tiket Masuk dan Lokasi

Pengunjung tidak dipungut biaya apapun agar bisa masuk ke dalam Danau Arjuna Samba. Kecuali, jika Anda membawa kendaraan motor/mobil, maka Anda perlu membayar biaya parkir. Biaya parkirnya mulai dari Rp2.000,00 hingga Rp10.000,00.

Jalan Buni Ayu Raya Nomor 13, Desa Sukaasih, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

3. Kelebihan Danau Arjuna Samba

a.  Suasana

Tempat ini memiliki suasana yang sejuk serta cocok untuk segala usia dan kalangan, mulai dari anak kecil hingga lansia. Dijamin, Anda tidak perlu khawatir lagi jika ingin mengajak orang terdekat seperti keluarga, teman, atau pasangan.

Ketika sampai di lokasi, hal pertama yang harus dilakukan yaitu mencari tempat untuk duduk. Pengelola sudah menyediakan fasilitas gazebo yang bisa Anda gunakan untuk duduk-duduk. Tinggal pilih saja gazebo mana yang bisa Anda tempati.

b. Kuliner

Meskipun pengunjung tidak diperkenankan untuk membawa makanan atau minuman dari luar, Anda tidak perlu khawatir kelaparan atau kehausan ketika sedang berwisata di Danau Arjuna Samba.

Menu yang ditawarkan disini cukup variatif, mulai dari masakan Nusantara hingga menu favorit, semuanya tersedia disini. Salah satu makanan yang populer di tempat ini yaitu Bakso Gila yang dibanderol dengan harga Rp20.000,00 per porsinya.

Selain bakso, terdapat juga menu makanan lain seperti nasi rames, sop iga, soto daging sapi, ayam goreng, dan lain-lain. Sedangkan untuk minuman, rata-rata dibanderol mulai dari Rp5.000,00 saja.

Untuk tempat makannya, terdapat fasilitas saung yang luasnya mencapai 7.000 meter yang memuat 70 meja per ruangan. Dengan saung yang luas, bisa digunakan untuk acara makan besar.

c. Wisata Air

Wisata air yang terdapat pada Danau Arjuna Samba yaitu sepeda air dan perahu naga. Sepeda airnya memiliki dua macam karakter, yaitu bebek dan kodok. Supaya dapat menikmati fasilitas sepeda air, Anda cukup merogoh kocek sebesar Rp15.000,00 per orangnya untuk durasi satu jam.

Tidak ingin capek-capek mengayuh sepeda air, tetapi tetap ingin menjelajahi danau? Maka, perahu naga adalah pilihan yang cocok karena perahu naga sudah menggunakan bahan bakar bensin untuk bergerak. Biaya sewa perahu naga sama seperti sepeda air, yaitu Rp15.000 untuk satu orang.

d.  Becak Mini

Bagi Anda yang lebih menyukai mengitari danau melalui track darat, Anda bisa menyewa becak mini yang disediakan oleh pengelola. Biaya persewaannya dipatok pada harga Rp20.000,00 per jamnya.

Tunggu apalagi? Segera kunjungi Danau Tambelang atau Danau Arjuna Samba, dijamin Anda akan mendapatkan pengalaman yang berbeda dibandingkan dengan tempat wisata lainnya. Apalagi terdapat banyak kelebihan yang dimiliki oleh tempat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published

Verified by MonsterInsights