5/5 - (21 votes)

Salah satu jenis transportasi umum yang sangat sering digunakan masyarakat adalah kereta api. Kereta api memang kini dapat digunakan untuk perjalanan lokal maupun antar provinsi. Berbagai stasiun di Bekasi dapat dikunjungi untuk memulai perjalanan menggunakan kereta api.

Apa saja stasiun kereta di Bekasi? Layanan rute perjalanan apa saja yang disediakan oleh setiap stasiun? Simak langsung informasinya dengan membaca artikel di bawah ini! Pastikan untuk membaca artikel hingga selesai untuk mendapatkan informasi lebih lengkap!

Daftar Stasiun Kereta di Bekasi

stasiun di Bekasi

Tidak hanya satu, terdapat beberapa stasiun yang ada di Bekasi. Apa saja nama stasiun yang ada di Bekasi? Berikut ini daftar stasiun kereta api yang ada di daerah Bekasi, Jawa Barat, yaitu:

1. Stasiun Bekasi (BKS)

Stasiun Bekasi

Seperti namanya, stasiun yang satu ini terletak di Bekasi, Jawa Barat. Alamat stasiun Bekasi pintu masuk selatan berada di Jalan Ir H Juanda. Sementara pintu masuk utara berada di Jalan Perjuangan, Marga Mulya, Bekasi Utara, Bekasi, Jawa Barat.

Stasiun di Bekasi yang satu ini dibangun oleh Bataviasche Ooster Spoorweg Maatschappij. Pembangunan stasiun ini memang sudah cukup lama yaitu pada Maret 1887. Bangunan stasiun pun menjadi saksi penjajahan yang pernah terjadi di Indonesia.

Stasiun Bekasi merupakan stasiun kereta api besar dengan tipe C yang melayani perjalanan rute Jabodetabek maupun ke berbagai daerah di Pulau Jawa. Khusus untuk daerah Jabodetabek, perjalanan dapat ditempuh dengan menggunakan KRL Commuter Line.

Perjalanan ke berbagai daerah di Pulau Jawa juga dapat ditempuh dari Stasiun Bekasi menggunakan kereta api jarak jauh. Tidak heran jika Stasiun Bekasi menjadi salah satu stasiun kereta api paling sibuk memberikan pelayanan bagi penumpang.

Jadwal kereta Stasiun Bekasi yang sangat ramai atau padat membuat stasiun ini terus mengalami perbaikan maupun penambahan jalur dan fasilitas pendukung. Kini sudah ada 8 jalur kereta api yang beroperasi di Stasiun Bekasi.

Fasilitas untuk para penumpang KRL maupun kereta api jarak jauh juga sangat lengkap. Berikut ini beberapa fasilitas yang bisa membuat para penumpang lebih nyaman, yaitu:

  • Mushola
  • Toilet
  • Area Parkir
  • Lobby
  • Tempat Duduk
  • ATM
  • Wi-Fi
  • Area Tunggu
  • Toko-toko Makanan dan Minuman
  • Tangga Naik Turun
  • Lift
  • Eskalator
  • Loket Pemesanan Tiket
  • Mesin Tiket Otomatis
  • Jalur Khusus Difabel
  • Tempat Pengisian Baterai
  • Pos Kesehatan

Angkutan umum juga dapat langsung diakses dengan mudah setelah keluar dari Stasiun Bekasi. Beberapa angkutan umum yang tersedia yaitu Koperasi Angkutan Bekasi Kota Bekasi, Trans Patriot dan lain sebagainya.

2.  Stasiun Bekasi Timur (BKST)

Stasiun di Bekasi

Selain Stasiun Bekasi, stasiun kereta api lainnya yang ada di daerah Bekasi adalah Stasiun Bekasi Timur. Lokasi lebih tepatnya berada di Jalan Ir H Juanda Duren Jaya, Bekasi Timur, Bekasi, Jawa Barat. Stasiun yang satu ini juga sering disebut sebagai Stasiun Bulak Kapal atau Stasiun Ampera.

Stasiun di Bekasi Timur dikelola oleh KAI Commuter dan tentu saja melayani perjalanan atau rute KRL Commuter Line Jabodetabek. Tujuan pembangunan stasiun ini memang membantu Stasiun Bekasi yang terlalu ramai bahkan telah melebihi kapasitas penumpang.

Pada tanggal 7 Oktober 2017, Stasiun Bekasi Timur diresmikan langsung oleh Menteri Perhubungan Indonesia yang saat itu menjabat, Budi Karya Sumadi. Peresmian ini bersamaan dengan acara peresmian KRL Blue Line yang memiliki rute perjalanan tujuan Stasiun Cikarang.

Stasiun Bekasi Timur terhubung dengan berbagai layanan antarmoda lainnya. Misalnya, Transjakarta, Transjabodetabek Reguler, Trans patriot, Koperasi Angkutan Bekasi Kota Bekasi, dan Koperasi Angkutan Bekasi Kabupaten Bekasi.

Rekomendasi : Belajar Kursus Stir Mobil Bekasi Terbaik.

3. Stasiun Kranji (KRI)

stasiun di bekasi

Stasiun Kranji juga merupakan stasiun di Bekasi. Lokasi lebih tepatnya berada di Jalan I Gusti Ngurah Rai Kranji, Bekasi Barat, Bekasi, Jawa Barat. Stasiun Kranji juga merupakan stasiun yang letaknya paling barat di Kota Bekasi untuk lintasan Rajawali-Cikampek.

Stasiun yang satu ini termasuk stasiun dengan kelas kecil yang melayani rute KRL Commuter Line Jabodetabek jalur Bekasi. Pengelolaannya diatur secara langsung oleh pihak KAI Commuter.

Jumlah jalur kereta api di Stasiun Kranji adalah empat jalur. Dua jalur digunakan untuk melayani perjalanan KRL. Sementara dua jalur lainnya digunakan sebagai perlintasan langsung kereta api jarak jauh atau kereta api lainnya selain KRL.

Stasiun yang telah diresmikan sejak 8 Januari 2019 ini juga terhubung dengan berbagai transportasi antarmoda lainnya. Misalnya, Trans Patriot, Koperasi Angkutan Bekasi Kota Bekasi, Koperasi Angkutan Bekasi Kabupaten Bekasi, Mikrolet, dan Koperasi Wahana Kalpika.

4. Stasiun Cikarang

stasiun di bekasi

Selain Stasiun Bekasi, salah satu stasiun besar lainnya adalah Stasiun Cikarang. Lokasinya berada di Jalan Yos Sudarso, Karangasih, Cikarang Utara, Bekasi, Jawa Barat. Stasiun ini terletak dekat dengan Sungai Cikarang, Pasar Lama, dan Kawasan Pecinan serta Kauman.

Stasiun Cikarang juga merupakan salah satu stasiun yang sudah ada cukup lama yaitu sejak tanggal 14 Agustus 1890. Pembangunannya dilakukan oleh Bataviasche Ooster Spoorweg Maatschappij. Hingga saat ini Stasiun Cikarang sudah mengalami banyak renovasi dan pembangunan tambahan.

Stasiun Cikarang tidak hanya melayani rute perjalanan KRL Commuter Line Jabodetabek, tetapi juga melayani rute kereta api lokal dan kereta api jarak jauh. Sejak Maret 2022, Stasiun Cikarang bahkan sudah bisa melayani 11 KA Jarak Jauh dengan 8 kota tujuan.

Tidak heran jika sekarang Stasiun Cikarang sudah menjadi salah satu stasiun ramai di Bekasi. Tidak hanya penambahan rute perjalanan, pihak pengelola juga membangun berbagai fasilitas penunjang yang lebih lengkap. Beberapa fasilitas penunjang yang sudah ada di Stasiun Cikarang, yaitu:

  • Tangga Naik Turun
  • Lift
  • Eskalator
  • Loket Pemesanan Tiket
  • Mesin Tiket Otomatis
  • Area Parkir
  • Jalur Khusus Difabel
  • Toilet
  • Mushola
  • Toko atau Area Komersial
  • Tempat Pengisian Baterai
  • Area Tunggu
  • Area Parkir
  • Pos Kesehatan

Semua fasilitas yang ada di Stasiun Cikarang diharapkan dapat memberikan kenyamanan bagi setiap penumpang kereta api lokal, jarak jauh, maupun KRL.

5. Stasiun Tambun

stasiun di bekasi

 

Bekasi juga memiliki stasiun yang ada di daerah Tambun yaitu Stasiun Tambun. Lokasinya berada di Jalan Mekarsari, Mekarsari, Tambun Selatan, Bekasi, Jawa Barat. Stasiun ini berbatasan dengan Benda Cagar Budaya Gedung Juang yang ada di sebelah selatan.

Stasiun Tambun sudah ada sejak tahun 1898 dan terus mengalami perbaikan serta pembangunan. Hingga saat ini, Stasiun Tambun memiliki 2 jalur kereta api di sebelah Utara dan 2 jalur di sebelah Selatan.

Stasiun Tambun melayani rute perjalanan KRL Commuter Jabodetabek tujuan Cikarang melalui Stasiun Manggarai dan Stasiun Pasar Senen. Stasiun Tambun juga menjadi stasiun yang dilewati oleh kereta api lokal maupun kereta api jarak jauh.

Stasiun di Bekasi melayani berbagai rute perjalanan kereta api, baik KRL Commuter, Kereta Api Lokal, maupun Kereta Api Jarak Jauh. Kereta menjadi moda transportasi yang banyak digunakan masyarakat. Fasilitas di setiap stasiun juga sangat lengkap sehingga membuat penumpang merasa nyaman.

6. Stasiun Metland Telaga Murni (TLM)

stasiun di bekasi

Daftar stasiun kereta di Bekasi selanjutnya adalah stasiun metland telaga murni. Stasiun ini tergolong stasiun kereta api kelas 3, yaitu stasiun kecil yang melayani rute KRL commuter line. Adapun lokasi stasiun metland telaga murni berada di Telaga Murni Cikarang Barat Kabupaten Bekasi.

Cukup dekat lokasi stasiun ini dengan perumahan metland. Sengaja dibuat agar penduduk sekitar metland dapat naik kereta api di stasiun metland tanpa harus ke stasiun Cikarang. Peletakan batu pertama diselenggarakan tepat pada tanggal 8 Agustus 2016.

Nah itulah daftar stasiun di Bekasi yang bisa menjadi alternatif tranportasi perjalanan anda. Sekian terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published

Verified by MonsterInsights