4.8/5 - (10 votes)

Setiap daerah umumnya memiliki alun-alun yang dapat dijadikan sebagai pusat kota. Bekasi juga memiliki alun-alun yang dengan daya tarik sendiri. Daya tarik yang dimiliki alun-alun Bekasi membuatnya layak untuk dijadikan tempat berkunjung untuk rekreasi wisata.

Seperti apa alun-alun yang berada di Bekasi? Apa saja wisata di alun-alun Kota Bekasi? Informasi lebih lengkapnya akan dibahas melalui artikel ini. Pastikan untuk membaca artikel hingga akhir untuk mendapat informasi lengkap!

Lokasi Alun alun Kota Bekasi

Alun-alun Bekasi

Kota Bekasi memiliki alun-alun yang juga dikenal dengan nama Alun-alun M Hasibuan atau Mayor Madmuin Hasibuan. Nama ini pilih sebagai salah satu bentuk apresiasi atas jasa yang telah dilakukan oleh M Hasibuan ketika perang mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia di Bekasi.

Lokasinya berada di Jalan Pramuka No 59 RT 006 RW 006, Marga Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat. Lokasi alun-alun juga dekat dengan area pusat pemerintahan Bekasi, RSUD Dr Chasbullah Abdul Majid, Taman Kota Bekasi, Masjid Agung Al-Barakah, dan berbagai tempat lainnya.

Alun-alun ini terletak di tengah-tengah kota sehingga dapat diakses melalui berbagai daerah, bahkan sangat mudah diakses dari daerah Cikarang maupun Bandung. Rute perjalanan dan aksesnya juga sangat baik karena berada di tengah kota.

Banyak juga transportasi umum yang melewati alun-alun sehingga memudahkan pengunjung dari berbagai daerah untuk sampai di lokasi alun-alun. Jika kesulitan menemukan lokasi alun-alun, maka Anda bisa menggunakan Google Maps.

Baca Juga : Stadion Bekasi.

Jam Buka dan Tutup Alun-alun Bekasi

Alun Alun Kota Bekasi

Ketika awal pandemi Covid-19, alun-alun yang ada di Bekasi sempat ditutup sementara untuk menghindari kerumunan atau keramaian. Kegiatan di alun-alun juga sempat dibatasi hanya sampai pukul 21.00 WIB malam hari agar tidak terlalu menimbulkan keramaian dan kerumunan.

Namun, kini alun-alun sudah kembali dibuka untuk masyarakat sekitar dan para pengunjung dari daerah lainnya. Alun-alun Bekasi buka selama 24 jam setiap harinya. Jadi, para pengunjung bebas mengunjungi tempat rekreasi wisata ini kapan saja.

Waktu paling cocok untuk mengunjungi alun-alun adalah di sore hingga malam hari. Pada waktu ini, sudah banyak pedagang yang menjajakan jualan aneka kuliner yang lezat. Selain itu, pada sore hingga malam hari juga banyak hiburan yang dapat dinikmati di area sekitar alun-alun.

Selain malam hari, alun-alun juga cocok dikunjungi saat pagi hari. Waktu pagi hari sangat cocok untuk para pengunjung yang ingin olahraga atau sekedar jalan-jalan santai menikmati suasana pagi hari di Bekasi.

Lokasi Alun-alun M Hasibuan terbuka untuk umum dan setiap pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya sebagai tiket masuk ke kawasan alun-alun.

Daya Tarik Alun Alun M Hasibuan Kota Bekasi

Alun alun Bekasi

 

Alun-alun M Hasibuan sangat cocok untuk dikunjungi oleh siapa saja yang ingin mencari hiburan atau rekreasi. Anda bisa mengajak keluarga, pasangan, maupun sahabat untuk menikmati suasana di alun-alun Ma Hasibuan.

Apa saja daya tarik rekreasi yang dapat dinikmati di alun-alun ini? Berikut ini beberapa daya tarik Alun-alun M Hasibuan yang dapat dinikmati oleh semua pengunjung, yaitu:

1.  Tugu Sejarah

Alun-alun M Hasibuan memiliki ikon berupa monumen perjuangan atau tugu sejarah. Monumen ini dikenal dengan nama Tugu Bekasi atau Tugu Perjuangan Rakyat atau Tugu Resolusi Rakyat. Tugu ini dibangun sebagai simbol untuk mengenang perjuangan rakyat Bekasi di masa penjajahan Belanda.

Terdapat dua peristiwa sejarah yang menjadi dasar pembangunan monumen perjuangan ini di Bekasi. Peristiwa pertama yaitu ketika masyarakat menghadapi pasukan sekutu NICA yang menginginkan Belanda kembali menguasai Indonesia walaupun sudah merdeka.

Alun Alun Bekasi

Peristiwa kedua terjadi pada Februari 1950 yaitu rapat umum Panitia Amanat Rakyat Bekasi. Hasil dari rapat tersebut adalah meminta pemerintah pusat untuk memberikan otonomi yang lebih luas kepada masyarakat Bekasi. Hasil dari rapat ini juga dikenal dengan nama Resolusi Rakyat Bekasi.

Permintaan tersebut akhirnya disetujui oleh pemerintah pusat. Pada tanggal 15 Agustus 1950, akhirnya wilayah administrasi Bekasi berpisah dari Jatinegara. Tugu Resolusi Rakyat pun akhirnya juga dibangun di alun-alun.

2.  Wisata Kuliner

Wisata kuliner alun-alun Bekasi menjadi salah satu kegiatan rekreasi yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Anda bisa menemukan berbagai jenis jajanan kuliner dengan rasa yang lezat. Selain rasanya yang nikmat, wisata kuliner di tempat ini juga dapat dinikmati dengan harga relatif murah.

Banyak pedagang kaki lima yang bisa ditemukan di area alun-alun. Dulunya lokasi pedagang kaki lima sangat tidak tertata dengan rapi. Namun, kini sejak dibangun dan renovasi ulang, lokasi pedagang kaki lima sudah lebih rapi, serta tertata di area khusus.

Kuliner Malam Alun Alun Kota Bekasi

Anda bisa berjalan-jalan sambil memilih serta mencicipi makanan yang ada. Selain itu, di sekitar alun-alun juga ada café dan restaurant yang menyajikan berbagai jenis masakan.

Anda dapat menikmati aneka makanan sambil duduk-duduk santai menikmati suasana alun-alun yang ramai. Pertunjukan live musik yang sering diadakan di lokasi alun-alun tentunya juga bisa menjadi hiburan tersendiri untuk para pengunjung.

3.  Tempat Berkumpul Berbagai Komunitas

Lokasinya yang strategis membuat Alun-alun M Hasibuan menjadi salah satu tempat yang cocok untuk mengadakan berbagai kegiatan. Tidak jarang alun-alun dijadikan sebagai tempat untuk berkumpul berbagai komunitas, seperti fotografer, pecinta kucing, pemusik, pecinta musang, dan lainnya.

Komunitas-komunitas ini juga terkadang bukan hanya sekedar berkumpul, tetapi mengadakan acara komunitas. Misalnya, mengadakan pertunjukan atau festival. Tentu saja acara tersebut bisa menjadi hiburan tersendiri bagi para pengunjung Alun-alun M Hasibuan.

4. Tempat yang Cocok untuk Olahraga

Alun-alun yang terletak di Bekasi ini juga sangat cocok untuk melakukan berbagai kegiatan olahraga. Anda bisa jogging mengelilingi alun-alun atau jogging di area khusus, seperti jogging track.

Berbagai Fasilitas yang Ada di Kawasan Alun alun Bekasi

Alun Alun Bekasi

Pembangunan alun-alun Bekasi masih terus dilakukan untuk memperbaiki fasilitas yang ada maupun menambah fasilitas-fasilitas tertentu. Pembangunan dan perbaikan yang dilakukan tentu saja bertujuan untuk membuat para pengunjung merasa lebih nyaman ketika berkunjung.

Beberapa fasilitas penunjang yang ada di alun-alun, yaitu:

  • Tempat Duduk
  • Gazebo
  • Wi-Fi
  • WC Umum
  • Taman Bacaan Anak
  • Area Kuliner
  • Jogging Track
  • Lampu-lampu Taman

Lapangan alun-alun yang dibuat dengan menggunakan paving block terlihat rapi. Trotoar yang sudah direnovasi juga terlihat lebih rapi dan nyaman dilalui. Setelah pembangunan dan renovasi terbaru, alun-alun juga memiliki ikon baru lainnya.

Ikon unik tersebut berupa hiasan payung raksasa dengan tulisan Alun-alun Kota Bekasi. Hiasan payung tersebut merupakan ide dari Ridwan Kamil yang memang memiliki latar belakang pendidikan arsitektur.

Ridwan Kamil sebagai Gubernur Jawa Barat juga sempat mengunjungi alun-alun secara langsung ketika meresmikan hasil pembangunan tahap pertama alun-alun. Beliau sangat berharap, alun-alun M Hasibuan dapat menjadi tempat refresing atau penghilang stress bagi masyarakat dan pengunjung.

Alun-alun Bekasi yang berada di tengah kota dan dekat berbagai tempat publik sangat cocok untuk dikunjungi. Di tempat ini, para pengunjung dapat menyaksikan berbagai hiburan sekaligus melakukan wisata kuliner sambil menikmati suasana khas Bekasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published

Verified by MonsterInsights