5/5 - (2 votes)

Tidak hanya Jakarta yang terkenal dengan makanan tradisional Betawi, kerak telor, makanan tradisional Bekasi juga tak kalah enak dan sedap untuk dicoba. Makanan tradisional tetap bertahan hingga ratusan tahun, resep turun temurun yang tak kalah sedap dari makanan modern.

Makanan tradisional tetap memiliki tempat favorit di hati penikmatnya. Cita rasa legendaris yang tetap dipertahankan dari masa ke masa, membuat makanan tradisional tak mudah digeser makanan modern. Artikel ini akan mengulas 5 makanan tradisional di Bekasi yang wajib Anda coba.

5 Makanan Tradisional Bekasi Recommended Wajib Dicoba

makanan tradisional bekasi

Rasa yang khas dan selalu menjadi legendaris, ini 5 rekomendasi makanan tradisional di Bekasi yang wajib Anda coba dan sayang untuk dilewatkan.

1. Kue Pancong

makanan tradisional bekasi

Di urutan pertama makanan tradisional di Bekasi recommended yang wajib Anda coba adalah Kue Pancong. Makanan tradisional yang terbuat dari campuran tepung beras, kelapa parut, santan, dan sedikit tepung tapioka ini termasuk dalam makanan tradisional yang banyak digemari masyarakat Indonesia.

Kue pancong dibuat dari adonan diatas kemudian dimasukkan ke dalam cetakan yang menyerupai cetakan pukis dan dipanggang. Kue pancong Balap adalah salah satu kedai makanan yang menyediakan kue pancong legendaris sejak tahun 1990-an.

Kue pancong setengah matang topping keju, susu, coklat menjadi hidangan andalan dari kue pancong Balap.

Berlokasi di Jalan Laskar Raya, RT.001/RW.002, Pekayon Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan, kedai makanan yang mengusung konsep seperti warung kopi atau warung bubur kacang hijau ini menyediakan aneka rasa kue pancong, indomie, dan minuman seperti kopi susu dan sebagainya

Harga kue pancong yang ditawarkan bervariasi mulai Rp4.000 hingga Rp8.000 tergantung rasa yang dipilih.

Cita rasa yang khas dari makanan tradisional kue pancong yang masih dipertahankan hingga saat ini dipegang oleh generasi ketiga, membuat Kue Pancong Balap ramai dikunjungi dan masih menjadi kue pancong terenak sekaligus makanan tradisional Bekasi yang wajib dikunjungi.

Buka setiap hari dari pukul 06.00 hingga 17.00, Anda yang tinggal atau sedang berada di Bekasi jangan lupa mampir mencicipi kudapan tradisional yang terletak di Pekayon Jaya. harga yang bersahabat dan rasa yang pas di lidah dapat membuat Anda ketagihan makan kue pancong.

2. Misro

makanan tradisional bekasi

Makanan tradisional selanjutnya yang tidak kalah enak dengan kue pancong adalah misro. Makanan rakyat berbahan dasar singkong ini menjadi teman baik bagi combro. Misro merupakan kudapan tradisional dari singkong berisi gula merah yang kemudian digoreng.

Berbeda dengan combro yang berisi oncom, misro cocok dan disukai anak-anak ataupun orang dewasa yang menyukai kuliner berbahan singkong yang manis dan tidak pedas.

Harga misro terbilang ramah di kantong, 1 biji misro dapat dibeli dengan harga berkisar antara Rp1.000 hingga Rp2.000. Anda dapat menemukan dan membeli Misro di tukang gorengan yang menyediakan aneka gorengan atau spesifik menjual combro dan misro.

Makanan tradisional Bekasi ini juga dapat mudah Anda temukan di beberapa kota di luar Bekasi seperti Jakarta.

Simak Juga : Rekomendasi Kuliner di Bekasi Legendaris

3. Jalabia

makanan tradisional bekasi

Makanan tradisional ini memiliki banyak julukan yaitu kue cincin dan kue basah donatnya orang kampung. Jalabiya berbentuk bulat dan bolong di tengah mirip dengan bentuk donat.

Persamaan jalabiya dengan donat adalah sama-sama bulat dengan bolongan di tengah serta sama-sama digoreng. Pembeda Jalabiya dengan donat adalah dari bahan dasarnya.

Cemilan tradisional yang terbuat dari perpaduan tepung beras dan tepung ketan hitam kemudian dicampur kelapa parut, gula merah dan gula pasir menjadikan cemilan ini memiliki cita rasa yang khas dan tetap disukai banyak orang.

Setelah dibentuk cincin dan digoreng, jalabiya kemudian dicelupkan ke dalam gula merah cair untuk mempertahankan cita rasa kue jadul yang memiliki rasa manis.

Rekomendasi : Kuliner Summarecon Mall Bekasi .

Dahulu Jalabiya menjadi primadona makanan tradisional Bekasi yang legendaris dan lezat, namun kini jarang ditemukan dan langka, Jalabiya hanya ditemukan pada momen atau acara tertentu dan terbatas pada pedagang makanan tradisional.

Namun Anda jangan khawatir, kuliner tradisional lezat ini dapat Anda temukan di sebuah kedai bernama kedai KQ5 yang beralamat di tepi jalan bayan tugu bambu kelurahan Mustika Jaya, kecamatan Mustika Jaya.

Tidak hanya jalabiya, kedai KQ5 juga menyediakan aneka makanan tradisional lain seperti”

  • kue cucur,
  • donat,
  • kue pancong dan
  • aneka minuman.

Tetap mempertahankan cita rasa makanan tradisional, Kedai KQ5 milik Saidhin Anwar bertekad untuk terus melestarikan Jalabiya.

Kedai KQ5 buka dari pukul 16.00 hingga menu makanan yang tersedia habis. Selain makanan tradisional, Kedai KQ5 juga menyediakan aneka minuman seperti susu jahe dan kopi hitam.

4. Kue Dongkal

Kue Dongkal Makanan Tradisional Bekasi

Makanan Tradisional Bekasi

Kue dongkal atau jaburan dongkal sebagai makanan tradisional khas Betawi yang terbuat dari campuran tepung beras, gula merah dan kelapa parut yang kemudian dikukus juga memiliki julukan yang lain yaitu kue tumpeng.

Cara makan kue dongkal cukup sederhana, irisan kue dongkal cukup ditambahkan taburan kelapa parut diatasnya kemudian kue dongkal siap disantap. Jajanan legendaris yang hampir punah ini meski sudah jarang ditemukan namun masih banyak peminatnya.

Kue berbentuk kerucut yang manis dan pulen ini memiliki filosofi dibalik bentuknya. Diyakini manisnya gula aren diantara tepung beras yang pulen sebagai manisnya kehidupan yang dijalani tak selamanya pahit namun juga ada manisnya.

Sementara bentuk kue dongkal yang mengerucut memiliki arti sebagai kehidupan yang memerlukan pondasi yang kokoh meski semuanya mengerucut kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Jika Anda menemukan penjual kue dongkal, penjual tersebut biasanya merupakan penjual turun temurun yang sudah menjajakan kue dongkal dari generasi-generasi pendahulunya.

Mempertahankan resep kue dongkal secara turun temurun, rasa yang khas dari kue dongkal tetap terjaga keasliannya.

Untuk 1 porsi kue dongkal dapat Anda beli di sekitaran daerah Bekasi dengan harga Rp10.000.

5. Dodol Betawi

Makanan Tradisional Bekasi

Tak hanya makanan khas Betawi ataupun Jawa Barat, Bekasi juga memiliki dodol Bekasi sebagai makanan tradisional. Dodol bekasi memiliki keunikan yaitu tahan lama meski tanpa pengawet. Ketahanan dodol bekasi sekitar 6 sampai 12 bulan.

Sama seperti dodol lainnya, dodol bekasi juga terdiri dari 3 bahan yaitu ketan, santan kelapa dan gula merah. Ketan yang digunakan bisa ketan hitam ataupun ketan putih.

Rekomendasi : Makanan Khas Bekasi yang Bikin Ketagihan.

Salah satu pengrajin dodol Bekasi, yaitu pemilik usaha dodol Bunga mengatakan kalau proses dan cara pembuatan dodol tidaklah mudah, untuk memperoleh tekstur dan rasa dodol yang legit, dodol harus dimasak selama kurang lebih 8 jam.

Dan pengadukan dodol harus sampai ke dasar kuali agar dodol matang sempurna dan tidak ada kerak dari pembuatan dodol.

Usaha dodol bunga adalah usaha turun temurun. Terletak di Ujung Harapan, Babelan, usaha dodol yang lokasinya tidak jauh dari Pesantren At-Taqwa ini beroperasi setiap hari kecuali hari Jum’at dari pukul 07.00 hingga sekitar pukul 15.00.

Proses pembuatan yang tidak mudah ditambah waktu pengerjaan yang tidak sebentar membuat makanan tradisional ini memiliki harga yang tidak sedikit bila dibandingkan makanan tradisional yang lain.

Anda penasaran dengan rasa dodol Bunga, Anda dapat langsung mengunjungi outlet pusat dodol Bunga di daerah Babelan.

Penutup

Makanan tradisional memiliki cita rasa dan kekhasan bentuk yang legendaris dan terus menjadi favorit. Melestarikan makanan tradisional dan membuat makanan tradisional tetap ada hingga saat ini dapat mencegah hilang atau langkanya makanan tradisional di pasaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published

Verified by MonsterInsights