5/5 - (7 votes)

Jadwal SIM keliling Bekasi menjadi suatu hal yang ingin diketahui oleh banyak warga Bekasi yang ingin membuat SIM atau mengurus SIM. Hal ini bisa menjadi alternatif bagi Anda yang tidak ingin ribet ataupun antri panjang dalam mengurus pembuatan atau perpanjangan SIM.

SIM keliling biasanya terbagi dalam beberapa jadwal, baik itu hari ataupun lokasinya sehingga informasi mengenai jadwalnya sangat penting untuk Anda ketahui.

Apa Itu SIM Keliling Bekasi?

SIM Keliling Bekasi

SIM Keliling merupakan layanan yang menyediakan pembuatan ataupun perpanjangan SIM secara keliling atau berpindah dari satu lokasi ke lokasi yang lain. Tidak hanya di Bekasi saja, layanan ini juga kerap ditemui di kota atau kabupaten lainnya.

Bagi Anda yang ingin menggunakan layanan ini, maka penting untuk mengetahui jadwalnya terlebih dahulu sebelum mendatanginya secara langsung. Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi kesalahpahaman atau miss komunikasi.

Jika masa berlaku SIM Anda sudah habis bertepatan dengan diselenggarakannya SIM keliling, maka sangat dianjurkan untuk memanfaatkan layanan ini. Melalui layanan SIM keliling, prosedur dan pelayanan akan lebih simpel, tidak ribet dan pastinya terbebas dari antrian yang menyiksa.

Sebelum layanan ini dilaksanakan, Satlantas Polres Metro Bekasi Kota biasanya menginformasikan terkait jadwal yang terdiri dari hari, tanggal ataupun lokasi pelaksanaan.

Penyebarluasan informasi ini biasanya dilakukan melalui berbagai media, baik itu platform digital seperti sosial media maupun media cetak yang kerap diakses masyarakat seperti koran, baliho, ataupun banner di sepanjang jalan atau lokasi-lokasi tertentu.

Sistem Pembagian Jadwal Layanan SIM Keliling

jadwal sim keliling bekasi

Bagi pengemudi atau pemilik SIM yang masa berlakunya telah habis melebihi tanggal pelaksanaan layanan SIM keliling, maka harus melakukan penerbitan SIM baru.

Berdasarkan informasi yang berhasil diperoleh dari akun resmi instagram @restrobekasikota_official, pembagian jadwal pelaksanaan SIM keliling oleh Satlantas Polres Metro Bekasi dilakukan setiap pekan.

Dalam satu pekan, jadwal layanan SIM keliling hadir dalam enam lokasi yang berbeda. Dengan begitu, masyarakat yang ingin memanfaatkan layanan ini bisa menyesuaikan jarak tempuh, waktu dan hal-hal lain sebelum mendatanginya.

Jika dalam satu pekan terdapat tanggal merah atau hari libur nasional, maka layanan SIM keliling tidak beroperasi atau libur.

Proses Pendaftaran dan Jenis Layanan yang Tersedia

sim keliling di bekasi

Setelah mengetahui secara pasti terkait jadwal pelaksanaan SIM keliling, maka langkah selanjutnya yakni mengetahui terkait prosedur pendaftaran dan jenis layanan yang tersedia. Informasi ini menjadi sangat penting dan tidak boleh terlewatkan jika Anda ingin menggunakan layanannya.

SIM keliling Bekasi hanya melayani pembuatan dan perpanjangan SIM A dan C. Dalam hal ini, proses perpanjangan bisa dilakukan minimal 2 minggu 14 hari sebelum masa berlakunya habis. Dengan begitu, Anda bisa melihat kembali masa berlaku SIM dan jadwal pelaksanaan SIM keliling.

Hal tersebut penting untuk Anda perhatikan, mengingat perpanjangan SIM yang telah melewati masa berlaku tidak bisa dilayani oleh SIM keliling. Dalam kondisi ini, pemohon pada umumnya akan diminta untuk mengajukan permohonan pembuatan SIM baru di Polresta Bekasi.

Selanjutnya mengenai waktu pendaftaran layanan SIM keliling akan mulai beroperasi pukul 08.00-10.00 WIB di hari kerja yakni Senin – Sabtu kecuali tanggal merah atau hari libur nasional.

Apa Saja Syarat-Syarat Pengajuan SIM Keliling?

sim keliling di bekasi

Berikut ialah beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi ketika ingin menggunakan layanan SIM keliling Bekasi:

1. Membawa SIM Lama

Syarat pertama yang harus dipenuhi oleh setiap pemohon ketika ingin menggunakan layanan SIM Keliling ialah membawa SIM lama, baik itu SIM A/C. Pastikan SIM yang Anda bawa masih berlaku atau belum melebihi masa berlaku yang ditetapkan.

Adapun batasan waktu minimal yang bisa dilakukan untuk perpanjangan SIM dalam layanan SIM keliling ialah 2 minggu atau 14 hari.

2. Membawa Kartu Identitas

Syarat kedua yang harus dipenuhi selain SIM lama ialah surat identitas berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau surat keterangan pengganti KTP yang dikeluarkan secara resmi dan masih berlaku.

  • Adapun bentuk kartu identitas tersebut ialah Fotocopy sebanyak 2 lembar.
  • Selain kedua syarat dokumen tersebut, Ditlantas Polda Metro Bekasi juga terus menghimbau bagi para pemohon layanan SIM Keliling agar tetap mematuhi protokol kesehatan.

Adapun beberapa upaya yang harus diterapkan yakni memakai masker sesuai standar kesehatan, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Berapa Biaya yang Ditetapkan dalam Layanan SIM Keliling?

biaya perpanjangan sim keliling bekasi

Tidak jauh berbeda dengan layanan SIM keliling pada umumnya, Ditlantas Polda Metro Bekasi menetapkan biaya perpanjang SIM A sebesar Rp. 80.000 dan SIM B sebesar Rp75.000.

Tarif SIM keliling Bekasi di atas pada umumnya belum termasuk biaya yang dikeluarkan untuk surat keterangan sehat dan surat keterangan psikologi yang nantinya akan dilakukan oleh petugas pelayanan SIM.

Dengan begitu, Anda harus menyiapkan uang lebih untuk melakukan perpanjangan SIM, baik itu SIM A ataupun SIM C dalam layanan SIM keliling.

Lokasi Pelaksanaan Layanan SIM Keliling Bekasi

sim keliling bekasi

Setelah mengetahui beberapa informasi penting terkait syarat, pendaftaran dan biaya yang harus dikeluarkan dalam layanan SIM Keliling, penting juga untuk Anda ketahui terkait lokasi-lokasi penyelenggara SIM keliling di wilayah Bekasi.

Berikut ialah beberapa di antaranya:

1. Carrefour Harapan Indah

Carrefour Harapan Indah menjadi salah satu lokasi langganan yang sering digunakan oleh Ditlantas Polda Metro Bekasi untuk layanan SIM Keliling. Lokasi tepatnya berada di dalam Carrefour yang terletak di Jalan Harapan Indah Raya, No. 9E, Bekasi.

2. Mega Bekasi Hypermall

Selain Carrefour, Ditlantas Polda Metro Bekasi juga menggandeng pusat perbelanjaan lain yang dinilai rame dan banyak dikunjungi masyarakat yakni Mega Bekasi Hypermall. Layanan SIM keliling di tempat ini bisa Anda temui di area atrium ataupun space mall yang sedang kosong.

Bagi Anda yang ingin menggunakan layanan SIM keliling di tempat ini, maka bisa mendatanginya secara langsung dengan melakukan pendaftaran di jam operasional yan telah ditentukan. Mengenai lokasinya berada di Jalan Ahmad Yani, No. 1, Bekasi.

3. Metropolitan Mall Bekasi

Masih sama dengan dua tempat yang disebutkan sebelumnya yakni berlokasi di pusat perbelanjaan. lokasi ketiga layanan SIM keliling area Bekasi kerap dilaksanakan di Metropolitan Mall Bekasi.

Bagi Anda yang berada di sekitar Jalan K.H Noer Ali, maka bisa memanfaatkan layanan SIM keliling ditempat ini sesuai jadwal yang telah diagendakan.

4. Bekasi Cyber Park

Tidak jauh dari Metropolitan Bekasi yakni masih berada di sekitar Jalan K.H Noer Ali, layanan SIM keliling biasanya juga digelar di area Bekasi Cyber Park (BCP).

Selain tempat-tempat di atas, layanan SIM keliling juga biasa dilaksanakan di Gateway Park LRT Jatibening dan Revo Town Bekasi di Jalan Ahmad Yani, No. Kav 1, Bekasi.

Setelah mengetahui terkait informasi pendaftaran, syarat, jenis layanan, biaya dan lokasi pelaksanaan SIM keliling Bekasi, maka Anda harus tetap memantau jadwal pelaksanaan SIM secara berkala agar tidak ketinggalan informasi terbaru. Manfaatkan layanan ini demi kemudahan pengurusan SIM.

Leave a Reply

Your email address will not be published

Verified by MonsterInsights