5/5 - (1 vote)

Berkunjung ke Bekasi kurang lengkap rasanya jika tidak membeli oleh-oleh atau makanan khasnya. Aneka oleh-oleh khas Bekasi ini biasa dijumpai dalam berbagai jenis dengan harga yang cukup terjangkau.

Berbagai jenis buah tangan nantinya bisa diperoleh melalui outlet oleh-oleh yang banyak tersedia di sepanjang jalan Bekasi.

Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Bekasi

oleh oleh khas bekasi

Berikut ialah beberapa rekomendasi oleh-oleh bekasi yang nantinya bisa dijadikan referensi ketika Anda berkunjung ke daerah bekasi dan sekitarnya:

1. Bandeng Rorod

Bandeng rorod merupakan jenis olahan ikan bandeng yang dijadikan oleh-oleh khas Bekasi. Berbeda dengan bandeng pada umumnya, jenis Bandeng ini disajikan tanpa duri sehingga wisatawan yang membeli bisa langsung menikmati tanpa harus menyingkirkan durinya.

Bandeng rorod merupakan olahan ikan dengan tekstur daging yang halus dan lembut serta rasa yang gurih. Olahan ikan ini sudah dilengkapi dengan bumbu sehingga Anda bisa langsung menyantapnya bersama dengan nasi dan sambal.

Pada umumnya, bandeng rorod ini dikemas dalam box yang berisi 2-4 ekor sesuai dengan ukurannya.

oleh oleh khas bekasi

2. Kue Akar

Kue Akar merupakan jajanan khas bekasi yang manis dan memiliki tekstur renyah. Sesuai dengan namanya, kue ini memiliki bentuk yang panjang menyerupai akar pohon.

Awalnya, kue ini hanya dijadikan teman saat bersantai saja bersama dengan teh manis ataupun kopi. Namun, seiring berjalannya waktu, banyak UMKM yang menjajakan produk ini di kalangan wisatawan sehingga keberadaannya semakin dikenal secara luas.

Kue akar terbuat dari bahan dasar berupa tepung ketan, beras ketan, dan parutan kelapa. Oleh-oleh khas Bekasi ini memiliki aroma yang menggugah selera sehingga tidak heran jika banyak orang yang tertarik untuk membeli dan mencobanya.

oleh oleh bekasi

 

Rekomendasi : Bandar Djakarta Summarecon Bekasi.

3. Kue Biji Ketapang

Kue Biji Ketapang merupakan produk olahan kue yang cukup populer di daerah Bekasi dan sekitarnya. Kue berbahan tepung dan kelapa parut ini awalnya banyak dijumpai ketika bulan puasa atau menjelang idul fitri.

Namun, saat ini kue biji ketapang sudah menjadi oleh-oleh bekasi yang mudah untuk dijumpai dengan harga yang cukup terjangkau. Biasanya, satu bungkus kue biji ketapang ini dibanderol dengan harga Rp15.000 – Rp20.000.

Oleh Oleh Khas Bekasi

4. Kembang Goyang

Masih seputar olahan tepung, Kembang Goyang juga termasuk dalam oleh-oleh Bekasi yang bisa Anda beli untuk keluarga di rumah. Sesuai dengan namanya, kue ini memiliki bentuk menyerupai kembang atau bunga yang digoreng dengan cara digoyangkan.

Jika dilihat sekilas, kue ini memang terlihat keras, namun jika sudah digigit, rasanya manis, dan renyah. Biasanya, kue ini banyak diperoleh di tempat-tempat wisata maupun outlet oleh-oleh yang banyak dijumpai di pinggir jalan.

Oleh oleh Khas Bekasi

5. Kue Telur Gabus

Pernahkah Anda mendengar mengenai Kue Telur Gabus? Makanan khas Bekasi yang satu ini kerap juga disebut dengan istilah Bidaran di Jawa Timur. Kue ini memiliki rasa yang gurih dengan bentuk panjang dan tekstur menyerupai styrofoam.

Sebagai salah satu oleh-oleh Betawi, jajanan ini mampu bertahan dalam waktu yang cukup lama sehingga banyak wisatawan yang membelinya sebagai buah tangan. Mengenai varian rasa yang tersedia, kini semakin beragam mulai dari rasa keju ataupun jagung manis.

 Oleh oleh khas bekasi

Rekomendasi : Tempat Makan Bakso di Bekasi yang Enak

6. Kue Duit

Kue Duit adalah salah satu oleh-oleh khas Bekasi yang cukup unik dan menarik. Sama seperti namanya, kue ini memiliki bentuk layaknya kepingan duit atau uang koin. Berbahan dasar tepung dan telur, adonan ini nantinya dibentuk pipih menyerupai koin.

Selain unik dan menarik, kue duit memiliki rasa yang manis dan gurih sehingga sangat cocok dengan lidah masyarakat Indonesia. Sebagai oleh-oleh, Anda nanti bisa membelinya secara kiloan ataupun kemasan yang telah tersedia dalam berbagai ukuran.

Oleh oleh khas bekasi

7. Kue Sagon

Kue Sagon termasuk salah satu jajanan khas Bekasi yang terbuat dari tepung beras ketan yang telah disangrai. Setelah adonan selesai disangrai, maka campurkan dengan kelapa parut sehingga memunculkan cita rasa gurih.

Kue sagon ini sangat cocok dijadikan teman bersantai bersamaan dengan teh ataupun kopi. Selain itu, jajanan ini juga tidak kalah menariknya jika dijadikan hidangan dalam acara-acara resmi seperti pertemuan, rapat, dan acara-acara lainnya.

oleh oleh khas bekasi

8. Kue Jalabia

Masih seputar produk kue, Jalabia juga termasuk jajanan khas Bekasi yang bisa Anda beli sebagai buah tangan selepas berwisata. Jajanan ini terbuat dari tepung beras, tepung ketan, parutan kelapa, dan gula merah.

Bentuknya menyerupai cincin dengan lubang di tengah sehingga kerap juga wisatawan menyebutnya dengan kue cincin. Cara pembuatannya yakni digoreng dalam minyak panas lalu dibalurkan dalam cairan gula jawa.

oleh oleh khas bekasi

9. Wajik Ketan Hitam

Wajik ketan hitam menjadi oleh-oleh khas Bekasi yang memiliki tekstur kenyal dengan rasa yang cukup manis. Jajanan ini terbuat dari ketan hitam yang dicampur dengan rempah-rempah. Rasanya yang manis dan legit mampu memberikan sensasi ketagihan bagi siapa saja yang mencobanya.

Agar lebih nikmat, Anda bisa menyajikan makanan ini bersamaan dengan teh hangat sebagai teman bersantai. Wajik ketan hitam ini mampu bertahan dalam waktu yang cukup lama apabila disimpan di lemari pendingin sehingga Anda tidak perlu khawatir.

oleh oleh khas bekasi

10.  Dodol Betawi

Seperti yang kita ketahui, dodol merupakan jajanan khas daerah Jawa Barat, termasuk salah satunya yakni Bekasi. Sebagai daerah yang masih banyak terpengaruh dengan rumpun kebudayaan Betawi, maka tidak heran jika dodol Betawi menjadi hidangan khas daerah ini.

Dodol Betawi memiliki rasa yang manis dengan tekstur yang legit. Pada saat ini, dodol telah dikreasikan menjadi lebih unik dengan berbagai rasa, mulai dari ketan biasa, ketan hitam dan beraneka rasa buah-buahan.

Meski memiliki ukuran yang kecil dengan kemasan yang sederhana, namun makanan ini memiliki tingkat keawetan yang cukup tinggi.

oleh oleh khas bekasi

11. Goreng Garem

Selain produk olahan tepung dengan rasa yang manis, terdapat pula jananan Bekasi yang memiliki rasa pedas dan asin yakni Goreng Garem. Jananan ini terbuat dari bahan-bahan yang cukup sederhana yakni bawang goreng, garam, dan cabai.

Ketiga bahan tersebut dicampur dan diolah menjadi satu sehingga memberikan sensasi pedas, gurih, dan asin ketika dikunyah di mulut. Selain sebagai cemilan, jajanan ini juga cocok dijadikan sebagai lauk untuk makan bersama dengan nasi hangat.

Seiring dengan perkembangannya, goreng garem kini banyak dibuat dengan berbagai campuran bahan-bahan lain seperti kentang sampai ikan teri.

 oleh oleh khas bekasi

12.  Bir Pletok

Tidak hanya makanan, oleh-oleh khas Bekasi berupa minuman juga bisa Anda dapatkan. Salah satunya yakni Bir Pletok sebagai minuman yang menyehatkan meski namanya bir, namun minuman ini tidak memiliki kandungan alkohol sama sekali.

 oleh oleh khas bekasi

Minuman ini terbuat dari rempah-rempah seperti jahe, serai. Kayu manis dan pandan wangi yang memiliki khasiat untuk meredakan masuk angin, menghangatkan badan dan memperlancar peredaran darah. Selain itu, aroma yang dimiliki juga bisa memberikan efek rileks ketika sedang stress atau kecapekan.

Itulah 12 rekomendasi oleh-oleh khas Bekasi yang bisa Anda beli selepas berwisata di daerah Bekasi dan sekitarnya. Tidak hanya makanan dan camilan, nantinya Anda juga bisa memperoleh minuman segar yang menyehatkan untuk sanak saudara yang ada di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published

Verified by MonsterInsights