4.2/5 - (4 votes)

Menjaga kesehatan itu sebenarnya tidak terlalu sulit, karena bisa dimulai dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Macam-macam sayuran yang akan dijelaskan di bawah ini mampu memenuhi kebutuhan nutrisi terutama vitamin dan mineral.

Berbagai macam sayuran bisa ditemukan dengan mudah di pasar dan supermarket. Bahkan saat ini sudah lazim pemesanan sayur secara online melalui smartphone. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk menunda kebiasaan mengonsumsi sayur yang baik untuk kesehatan.

20+ Macam-Macam Sayuran dalam Bahasa Inggris dan Manfaatnya

macam macam sayuran
jenis jenis sayuran

1. Bayam dalam Bahasa Inggris Spinach

Siapa yang tidak kenal dengan sayur kaya zat besi ini? Bayam menjadi salah satu jenis sayur yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia. Sayur menyehatkan ini kerap kali diolah dengan kuah bening segar dan lezat.

Bayam juga sangat mudah ditemui di pasar maupun supermarket dengan harga yang terjangkau. Sebaiknya tidak malas makan sayur ini mengingat manfaatnya yang begitu tinggi.

2. Brokoli dalam Bahasa Inggris Broccoli

Sayuran berwarna hijau ini tidak hanya bagus dikonsumsi orang dewasa. Seringkali brokoli juga menjadi pilihan untuk menu MPASI. Tentunya, hal ini karena kandungan gizinya yang luar biasa sehingga banyak dipilih orang tua untuk mengenalkan anak pada sayur-sayuran.

3. Daun Kelor dalam Bahasa Inggris Moringa leaves

Sebaiknya tidak meremehkan daun kelor karena kandungan gizinya sudah banyak diteliti dengan hasil menakjubkan.

Sayuran sedengan cita rasa sedikit pahit ini mengandung vitamin A, zat besi, dan kalsium yang tinggi. Bahkan jauh lebih tinggi dibandingkan sayuran populer yang selama ini banyak dikenal masyarakat.

4. Seledri dalam Bahasa Inggris Celery

Sayuran yang penggunaannya kerap kali bersamaan dengan daun bawang ini memang memiliki aroma khas.

Kebanyakan masyarakat Indonesia menggunakan seledri berukuran kecil sebagai bumbu tambahan. Sedangkan mayoritas negara barat mengonsumsi seledri berukuran besar sebagai camilan.

5. Buncis dalam Bahasa Inggris Beans

Sekilas, tampilan buncis memang mirip dengan kacang panjang. Jenis sayuran ini memiliki kandungan serat tinggi sehingga sangat dianjurkan bagi yang kerap kali mengalami masalah pencernaan.

Sayuran bercita rasa gurih ini seringkali diolah dengan cara ditumis atau dijadikan sop bersama wortel dan kol.

6. Selada dalam Bahasa Inggris Lettuce

macam macam sayuran

Warna hijau muda dari selada memang langsung memberikan kesan segar dan lezat. Banyak yang mengkonsumsi selada dalam keadaan mentah, beberapa daerah menjadikannya sebagai lalapan.

Namun sebelum mengkonsumsinya mentah, pastikan untuk mencuci selada dengan baik dan benar di air mengalir.

7. Daun Singkong dalam bahasa Inggris Cassava leaves

Macam-macam sayuran hijau berikutnya adalah daun singkong yang seringkali ditemui di menu masakan Padang.

Cita rasanya memang sedikit pahit, namun menjadi gurih jika dimasak dengan kuah santan. Kandungan gizinya tidak kalah bagus dibanding sayuran populer seperti bayam dan brokoli.

8. Kangkung dalam Bahasa Inggris Spinach

Kangkung tidak hanya mudah ditemui di menu masakan nusantara, melainkan juga kudapan oriental. Harganya yang terjangkau dan bergizi membuat kangkung banyak digemari. Banyak yang mengolah kangkung dengan cara ditumis menggunakan saus tiram maupun dijadikan pecel.

9. Kacang Panjang dalam Bahasa Inggris Long Beans

Kacang panjang seringkali menjadi sayuran rumahan favorit. Terlebih jika dipadukan dengan bahan lainnya, misalnya tempe. Namun, mengolah kangkung memang agak tricky agar cita rasanya tetap renyah dan tidak lembek.

10. Tauge dalam Bahasa Inggris Bean sprouts

Tauge adalah jenis sayuran murah meriah namun gizinya tidak bisa diremehkan. Jenis sayuran ini kerap kali menjadi bahan tambahan di beberapa masakan populer.

Misalnya capcay, bakso, rawon, soto, dan ketoprak. Cita rasanya lezat dengan tekstur renyah sehingga sangat pas untuk makanan berkuah.

11. Kailan dalam Bahasa Inggris Kailan

Dengan mencoba macam-macam sayuran, maka menu makanan sehari-hari bersama keluarga pun akan lebih bervariasi.

Salah satunya bisa dengan mengolah kailan yang sebenarnya belum terlalu lama dikenal di tanah air. Kandungan gizinya tidak perlu diragukan dengan cita rasa agak manis dan legit di lidah.

12. Sawi dalam Bahasa Inggris Mustard

Bagi pecinta mie ayam, pastinya sudah tidak asing dengan sayur sawi yang murah namun tetap lezat. Cita rasanya agak sedikit pahit sehingga teknik membumbui sayur ini harus tepat. Sawi menjadi pilihan utama sebagai bahan tambahan di kuah bakso, mie ayam, dan mie goreng.

13. Daun Katuk dalam Bahasa Inggris Katuk leaves

Macam-macam sayuran daun bisa menjadi pilihan tepat sebagai booster ASI. Salah satunya adalah daun katuk yang seringkali diekstrak menjadi pil pelancar ASI. Namun, mengkonsumsinya secara langsung dalam bentuk sop bening juga bisa membuat ketagihan.

14. Kemangi dalam Bahasa Inggris Basil

Bagi yang suka mengkonsumsi lalapan, pastinya daun kemangi menjadi pilihan tepat. Wanginya yang khas kerap kali semakin membuat selera makan naik. Terlebih jika disajikan dengan cocolan sambal yang bisa membuat nafsu makan meningkat.

15. Daun Pepaya dalam Bahasa Inggris Papaya leaf

Jenis sayuran yang satu ini memang tidak bisa dimasak sembarangan. Mengolah daun pepaya harus tepat agar rasa pahitnya berkurang signifikan. Kebanyakan orang memasak daun pepaya dikombinasikan dengan ikan teri sehingga rasanya semakin enak.

16. Kembang Kol dalam Bahasa Inggris Cauliflower

Secara fisik, jenis sayuran ini memang mirip brokoli dengan kandungan gizi yang tidak kalah hebatnya. Jenis sayuran ini berwarna putih di bagian bunganya dan kerap kali diolah dengan cara ditumis. Namun, kembang kol juga cukup lezat dibuat sup sehingga menambah nafsu makan.

17. Pakcoy dalam Bahasa Inggris Pakcoy

macam macam sayuran

Penggemar masakan oriental pastinya sudah tidak asing dengan olahan pakcoy. Umumnya, sayuran kaya vitamin ini dimasak dengan cara ditumis dengan bumbu saus tiram, kecap asin, kecap ikan, dan sebagainya. Cita rasanya begitu gurih dengan bagian batang yang renyah.

18. Kenikir dalam Bahsa Inggris kenikir

Mungkin sayur kenikir tidak sepopuler bayam maupun pakcoy, namun sebenarnya sayuran ini kerap kali ditemukan dalam lalapan. Kandungan gizinya juga tidak kalah bagus dan seringkali diekstraksi untuk obat-obatan tradisional.

19. Pare dalam Bahasa Inggris Pare

Macam-macam sayuran yang layak dicoba selanjutnya adalah pare. Jenis sayuran ini kerap kali menjadi pelengkap siomay karena memiliki cita rasa pahit yang unik. Namun tentunya, terdapat trik khusus agar hasil akhir masakan pare tidak terlalu pahit.

20. Asparagus dalam Bahasa Inggris Asparagus

Asparagus sangat terkenal di negara-negara barat sebagai bahan makanan menyehatkan dan lezat. Di Indonesia sendiri harganya tergolong mahal dan belum banyak yang mengkonsumsinya.

Padahal, kandungan gizi asparagus sangat baik untuk kesehatan karena membantu pembentukan sel-sel di dalam tubuh.

21. Kale dalam Bahasa Inggris Kale

Pada dasarnya, kale tidak hanya banyak dimanfaatkan sebagai bahan makanan menyehatkan. Jenis sayuran ini juga kerap kali diekstraksi sebagai obat-obatan hingga bahan skincare.

Kale juga kerap kali menjadi pilihan sebagai makanan untuk pelaku diet. Sayuran ini tidak hanya baik bagi orang dewasa, namun juga balita hingga lansia.

22. Bayam Merah dalam Bahasa Inggris Red Spinach

Sesuai dengan namanya, jenis sayuran ini berwarna merah keunguan. Ketika dibuat menjadi sop bening, maka kuahnya akan berwarna kemerahan. Tidak perlu khawatir, warna merah yang dihasilkan menjadi pertanda bahwa jenis sayuran ini kaya akan beta karoten.

Penutup

Dengan mengenal berbagai macam sayuran, maka menu masakan sehari-hari tidak akan membosankan. Terlebih jika dikombinasikan dengan sumber protein menyehatkan seperti ikan, tempe, maupun daging. Tentunya, mengonsumsi sayuran juga harus diseimbangi asupan lainnya.

Macam-macam sayuran di atas bisa menjadi referensi menu masakan yang simple namun tetap menggugah selera. Sebaiknya tidak malas dalam mengkonsumsi sayuran mengingat berbagai macam kandungan gizi di dalamnya sangat diperlukan bagi tubuh.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published

Verified by MonsterInsights