5/5 - (10 votes)

Hasil samping sayuran jadi fenomena lain di Indonesia yang memiliki banyak sekali jenis daripada produk tersebut. Bahan tersebut menjadi sesuatu yang sering dipakai oleh masyarakat Indonesia dalam kehidupan sehari-harinya.

Tanah air Indonesia yang memang dikenal sebagai wilayah tropis, tentu menjadi tempat yang cocok untuk tumbuhnya berbagai macam sayuran. Namun kendati demikian, dengan banyaknya macam macam sayuran tersebut justru bisa jadi sebuah limbah beracun jika tidak diatur dengan baik.

Pengertian Hasil Samping Sayuran

hasil samping sayuran
@pixabay.com

Sayuran sendiri pada dasarnya merupakan tumbuhan yang ditanam di sebuah media, yakni tanah. Biasanya produk tersebut akan menghasilkan barang utama yakni terdiri dari dedaunan, bunga hingga umbi yang menancap kedalam tanah.

Namun produk ini juga menghasilkan hal lain yang jarang digunakan oleh orang-orang pada umumnya. Hal tersebut bisa berupa kulit yang membungkus setiap sayuran atau bahkan batang dari produk ini sendiri.

Meskipun hanya merupakan sisa-sisa dari sayuran utama, namun ternyata hal itu memiliki manfaat lain. Beberapa dari sisa-sisa sayuran ini tadi dapat dimanfaatkan oleh Anda untuk menjadikannya sebagai olahan lain.

Tentunya dengan melakukan kegiatan ini maka produk sayuran ini tidak akan terbuang dengan percuma. Karena hal tersebut dimanfaatkan dengan sangat baik mulai dari hasil utama hingga sisa-sisa yang muncul dari sayuran tersebut.

Kategori Hasil Samping dari Sayuran

hasil samping sayuran
@pixabay.com

Dalam proses penanamannya ini sendiri seringkali produk sayuran tersebut menghasilkan sisa-sisa dari tanaman atau pun di luarnya. Melihat hal tersebut maka ada beberapa kategori yang muncul karena sisa dari panen tadi.

Sayuran pada dasarnya merupakan bahan makanan yang penting untuk kesehatan dan keberlangsungan hidup. Selain menjadi sumber nutrisi yang penting, proses membudidaya sayuran ternyata menghasilkan berbagai sampah di dalamnya.

Hal ini sendiri dibedakan ke dalam beberapa kategori yang nantinya bisa dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

Dedaunan

Bagian tersebut merupakan hasil samping dari proses panen sayuran seperti kubis, bayam dan sayuran lainnya. Hasil sayur yang banyak terkadang menjadikan sisa daunnya tidak dimanfaatkan dengan baik. Daun-daun ini sendiri seringnya tidak dijual karena tidak memiliki nilai jual yang tinggi.

Tapi sebenarnya hal tersebut bisa dimanfaatkan sebagai produk lain yang nantinya akan berguna untuk dipakai saat proses budidaya kembali.

Semua daun kubis atau bayam yang berserakan dan tidak dapat dijual bisa dipakai untuk pakan ternak, terutama bagi hewan seperti kambing atau sapi. Selain itu, fungsinya yang diubah menjadi pupuk alami bisa membuat tanah jadi subur dan sehat.

Baca Artikel Terkait : Hasil Samping Buah

Limbah Sayuran

Ketika proses memanen akan ada banyak limbah sayur yang berseliweran. Mulai dari kulit, biji, atau bagian lain yang tidak dapat dimakan. Sampah ini sendiri seringkali tidak dimanfaatkan dan dibuang begitu saja.

Padahal sebenarnya barang tersebut dapat diolah menjadi pupuk alami seperti daun tadi atau dijadikan sebagai penyimpanan energi. Iya betul sekali limbah yang berasal dari sayuran ini bisa dimanfaatkan untuk menjadi baterai ramah lingkungan yakni bio baterai.

Jerami

Bagian ini sendiri merupakan hasil dari panen sayuran seperti padi dan jagung. Kebanyakan, setelah panen jerami ini seringkali tidak dimanfaatkan bahkan hanya dibuang begitu saja. Padahal, jerami dapat dimanfaatkan untuk hal lain.

Bisa Anda gunakan sebagai kerajinan tangan hingga pupuk yang berguna bagi pertumbuhan sayuran.

Contoh Olahan Hasil Samping Sayuran

Contoh olahan hasil samping sayuran
pixabay.com

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang dihasilkan oleh sayuran untuk kehidupan manusia. Kehadirannya tidak hanya sebagai sampah dan kotoran saja. Tapi ternyata juga bisa dimanfaatkan karena memiliki vitamin yang bagus untuk tubuh.

Sisa Kulit Bawang

Beberapa dari Anda mungkin berpikir bahwasanya kulit bawang bukanlah sesuatu yang penting dan bahkan memilih untuk membuangnya saja. Kulit dari bawang ini sendiri pada dasarnya merupakan sisa dari beberapa jenis bawang. Mulai dari yang berwarna merah, putih atau bahkan bawang bombay.

Lapisan kulit bawang terluar yang biasa dibuang oleh kebanyak orang ini, ternyata memiliki kandungan bernama quercetin. Senyawa tersebut memiliki kemampuan untuk menurunkan tekanan darah seseorang.

Tidak hanya itu saja, quercetin sendiri juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari siapapun yang mengkonsumsinya. Kulit bawang sendiri bisa juga mengurangi peradangan yang terkadang menyerang bagian tubuh tertentu.

Peradangan sendiri merupakan sebuah respon dari tubuh saat bagian tersebut terkena penyakit atau bahkan cedera. Contoh dari peradangan atau inflamasi antara lain adalah alergi dan juga penyakit kardiovaskuler.

Sisa dari Brokoli

Semua orang pasti tahu dan pernah mencoba sayuran yang satu ini. Brokoli sendiri biasanya ketika disajikan menjadi sebuah makanan hanya akan diambil beberapa bagiannya saja. Hal tersebut adalah bagian bunga dari sayuran tersebut.

Namun sayang ada komponen lain yang justru tidak digunakan bahkan seringnya dibuang oleh beberapa orang. Seperti bagian batang serta daun bunga brokoli yang berwarna hijau. Kedua hal tersebut ternyata bisa diolah jadi makanan lain bahkan memiliki nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Daripada membuang kedua bagian tadi sebaiknya batang bisa digunakan untuk tumisan dan daunnya dimasukan jadi sop yang nikmat. Vitamin yang dikandung oleh kedua hal ini bisa mencegah penyakit kanker, jadi jangan sampai dibuang.

Hasil Samping Sayuran dari Kentang

hasil samping sayuran
@ pixabay.com

Sayuran yang ini pasti sudah pernah dicoba oleh siapapun di rumah. Namun ternyata ada bagian yang sering dibuang bahkan mungkin termasuk oleh diri Anda sendiri yakni kulit dari kentang ini.

Padahal ternyata kulit kentang tersebut menyimpan banyak kebaikan untuk kebutuhan tubuh. Mulai dari asam bernama klorogenik, serat, beberapa mineral kaya manfaat hingga sejumlah vitamin.

Sisa Wortel

Sebagian besar dari Anda mungkin mengetahui bentuk wortel yang sudah tidak memiliki tangkai ketika dibeli dari pasar. Padahal sayuran ini memiliki bagian tangkai yang justru terdapat banyak gizi di dalamnya.

Sangat disayangkan ketika tangkai daun hijau di wortel ini dibuang begitu saja tanpa diolah menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat. Salah satunya adalah dengan cara dibuat menjadi sop atau bahkan tumisan.

Sisa Melinjo

Beberapa orang mungkin pernah mengkonsumsi makanan dari biji melinjo atau bahkan memakan daunnya yang diubah menjadi hidangan berupa semangkuk sayur. Biasanya biji dari sayuran tersebut diolah untuk jadi makanan bernama emping.

Biji dari melinjo sendiri apabila dimakan dengan jumlah yang tidak terlalu banyak akan memberikan efek positif kepada Anda. Tapi perlu diperhatikan tidak hanya biji melinjo saja yang bisa dimanfaatkan untuk jadi sebuah olahan.

Ada juga kulit biji melinjo yang sering dibuang karena bingung harus dibuat menjadi apa. Kulit tersebut memiliki banyak nutrisi, mineral serta vitamin di dalamnya. Bagian kulit itu bisa juga Anda buat menjadi keripik atau bahkan dimasukan ke dalam sayur berkuah nantinya.

Beberapa dari hasil samping sayuran tadi ternyata memiliki manfaat yang cukup banyak untuk tubuh manusia. Karenanya sangat disayangkan apabila dibuang begitu saja tanpa dibuat menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat.

Sisa-sisa dari sayuran yang sudah dijelaskan tadi perlu diolah dan dijadikan alternatif lain supaya tidak menumpuk dan menjadi penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published

Verified by MonsterInsights