4.6/5 - (32 votes)

Icon Negara Asia Tenggara (Asean) – asia tenggara atau asean memiliki 10 negara. setiap negara mempunyai icon yang yang unik dan keren-keren. Lalu sudah tahukah anda? jika belum maka jangan lupa untuk membaca artikel ini sampai selesai ya.

Di dalam artikel ini , saya akan fokus membahas tentang icon setiap negara yang ada di asean agar kita kenal satu sama lainnya nya. Berikut ini ulasan lengkap tentang ikon negara-negara cara di asia tenggara.

Monumen Nasional (Monas), Icon Negara Indonesia 

icon negara asia tenggara asean
okezone.com

Monumen nasional atau monas merupakan ikon bagi negara indonesia. Mono pak monas merupakan bangunan yang berbentuk tugu dan memiliki mahkota yang berupa lidah api dan dilapisi dengan lempengan emas di luarnya. Yang maknanya sebuah lambang perjuangan dalam kemerdekaan indonesia dengan penuh semangat dan menyala-nyala.

Bagi kamu yang berkunjung di indonesia jangan lupa ya untuk mengunjungi ikon negara indonesia yang satu ini. Tata letak monas berada di jakarta yang mana merupakan ibukota indonesia. Monumen nasional atau monas ini sangat berarti bagi penduduk indonesia sebab dibangunnya monas ini merupakan tanda kenangan perlawanan dan juga dasar rakyat dalam merebut kemerdekaan indonesia dari para penjajah belanda dan dan jepang.

Pembangunan monumen nasional atau tugu monas ini dimulai pada tanggal 17 agustus 1961 . Monas dibangun dengan tinggi mencapai 132 meter yang setara dengan 433 kaki. Setelah pembangunan selesai maka monas mulai dibuka untuk umum pada tanggal 12 juli 1975. Dan saat ini monas menjadi salah satu tempat wisata jakarta indonesia yang digemari oleh turis ataupun penduduk warga negara Indonesia.

Masjid Sultan Omar Ali, Icon Negara Brunei Darussalam

icon negara asean

Jika indonesia mempunyai icon monas namun brunei darussalam mempunyai icon sebuah masjid yaitu masjid sultan omar ali saifuddin. Sebuah masjid yang yang dinamakan dengan nama sultan brunei yang ke-28. Ikon negara brunei darussalam ini terletak di ibu kotanya yaitu bandar seri begawan brunei darussalam.

Dengan adanya masjid sultan omar ali saifuddin sebagai icon brunei darussalam, dijuga menjadi di salah satu Pemandangan yang membuat kota bandar seri begawan lebih indah. Masjid ini dibangun untuk menunjukkan kan lambang kejayaan serta kemegahan agama islam yang menjadi agama resmi serta mayoritas penduduk brunei darussalam memeluknya.

Bahkan jika kita tilik kembali dan kita bandingkan kan maka kita akan mengetahui bahwa masjid ini merupakan salah satu masjid yang sangat mengagumkan dengan arsitektur yang bagus megah dan modern di asia pasifik. Sehingga masjid ini mempunyai daya tarik yang sangat luas menjadikan para wisatawan dalam negeri atau luar negeri untuk berkunjung di masjid tersebut.

Menara Petronas, Icon Negara Malaysia

Icon Negara Asean

Kiran negara indonesia yang biasa disebut adalah negara malaysia. Icon negara malaysia adalah sebuah menara yaitu menara petronas. Menara petronas ini dibangun dengan ketinggian 451,9 m atau 1483 kaki. Icon Menara petronas ini merupakan 2  gedung pencakar langit kembar yang mempunyai lantai sebanyak 88 lantai. Menara petronas ini ini terletak di ibukota malaysia yaitu kuala lumpur.

Pada tahun 1998 hingga 2004, icon negara malaysia ,menara petronas, merupakan gedung yang yang dapat memecahkan rekor sebagai gedung tertinggi di dunia. Selain itu menara petronas memiliki desain interior yang menunjukkan bahwa budaya islam sudah mengakar erat di negara jiran malaysia. Adapun perancang arsitektur menara petronas yang kembar itu adalah Caesar Pelli.

Merlion, Icon Negara Singapura

Icon Negara Asean

Merlion merupakan patung singa laut, yaitu patung dengan bentuk kepala singa, namun tubuhnya mirip ikan. Namanya pun juga diambilkan dari gabungan singa dengan ikan duyung.

Fraser brunner merupakan sosok perancang pantung merlion. pada waktu itu, dia merupakan badan pariwisata singapura. Dia merancang merlion pada tahun 1964 dan dipakai sebagai logo .

Pada tahun 1997, Lee Kuan Yew sebagai perdana mentri saat itu meresmikan pemasangan patung merlion di Singapura. Pemasangan patung merlion pada tanggal 15 September 1997.

Patung merlion sebagai icon negara Singapura memiliki tinggi 8,6 meter dan berat 70 ton. Dibangun dengan bahan campuran semen oleh Lim Nang Seng, seniman singapura saat itu.

Grand Palace, Icon Negara Thailand

Icon Negara Asean

Sebagai negara yang mempunyai julukan negeri gajah putih, Thailand mempunyai icon Grand Place. Tahukah kamu apa itu grand palace ?

Grand Palace merupakan sebuah komplek yang di dalamnya adalah bangun bangunan istana yang dibangun sejak abad ke 18. Pada komplek bangunan istana tersebut, resmi menjadi kediaman para raja thailand. Komplek istana Thailand atau grand palace ini berada di kota Bangkok Thailand.

Dengan berjalannya waktu, istana grand palace telah banyak renovasi dan perluasan. Walaupun begitu, raja Thailand yang sekarang malah tidak tinggal disitu, dia memilih tinggal di Istana Chitralada.

Trump Tower Manilla, Icon Negara Filipina

Icon Negara Asean

Tak hanya malaysia yang mempunyai icon gedung menara. Filipina juga memiliki icon trump tower manila. Trump towe manila merupakan sebuah gedung yang mix used. Dimana gedung tersebut terdiri dari 220 unit suite dan berbagai macam fasilitas umum yang mewah seperti restoran, galeri bisnis, perpustakaan dan lain sebagainya.

Trump tower manila di Filipina merupakan gedung tercanggih dan termegah di negara tersebut. Adapun eksterior gedung ini terdiri dari kaca dengan kerangka baja. Trump tower manila berada di tengah kota Manila Filipina.

Pha That Luang, Icon Negara Laos

Icon Negara Asean

Negara laos memiliki ikon pha that luang. Pha that luang merupakan candi yang besar. Dimana candi besar negara laos ini berada di kota Vientiane. Candi besar ini meruapakan candi buda yang ekterior bangunannya dilapisi dengan emas.

Pada tahun 1930, candi pha that luang Laos ini beberapa kali direnovasi. Inilah simbol nasional dan monumen nasional bagi masyarakat negara Laos.

Angkor Wat, Ikon Negara Kamboja

Ikon Negara Asean

Negara Kamboja memiliki icon negara yang berupa kuil yang dibangun oleh raja suryawarman 2. Raja suryawarman 2 membangun kuli angkor wat yang berupa icon negara kamboja, pada pertengahan abad ke 12 selama kurang lebih 30 tahun pembangunan.

Bangunan kuil angkor wat ini berada di wilayah dataran Angkor Kamboja. Yang mana dataran angkor tak hanya terdapat angkor wat, namun juga banyak bangunan kuil yang yang indah di sekelilingnya. Di dunia, yang paling terkenal adalah kuil angkor wat yang merupakan icon negara Kamboja.

Pagoda Emas Shwedagon, Icon Negara Myanmar

Ikon Negara Asean

Negara Myanmar memiliki icon pagoda emas shwedagon. Pagoda Emas Shwedagon merupakan tempat ibadah orang Buddha. Memang dikarenakan di negara Myanmar mayoritas penduduknya saat ini adalah umat buddha.

Pagoda Emas Shwedagon terletak di kota Yangon Myanmar. Usianya konon lebih dari 2000 tahun. Uniknya, di atas pagoda myanmar ada stupa yang dilapisi dengan emas seberat 40 kg setinggi 99 meter.

Ha Long Bay, Icon Negara Vietnam

Icon Negara Asean

Negara Vietnam mempunyai Icon Ha Long Bay. Ha Long Bay merupakan teluk naga yang turun, itu artinya. Sebuah teluk dengan ukuran panjang 120 km dan luas kurang lebih 1500 km² .

Teluk Ha Long Bay dengan luas 1500 km, mempunyai kurang lebih 1969 pulau dari batu kapur. Sebagian dari pulau tersebut, mempunyai goa besar. Dengan begitu icon negara vietnam Ha long bay memiliki keindihan yang sungguh menarik. Unesco pada tahun 2012 menetapkan sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia.

Cristo Rei, Ikon Timor Leste

Cristo Rei, Ikon Negara Timor Leste

Jika kita membahas icon negara timor leste, maka tentu sangat berkaitan dengan sejarah Indonesia. Mulanya, patung cristo rei yang kini menjadi ikon timor leste dibangun oleh president Indonesia, Suharto. Pembangunan patung tersebut merupakan hadiah dari pemerintah Indonesia kepada timor leste sebagai provinsi paling bungsu.

Patung cristo dibangun pada tahun 1996 disaat masih menjadi salah satu provinsi Indonesia. Pembangunan patung tersebut di atas bola dunia, yang ditenagai oleh 30 orang sukaraja, Bandung. Namun tidak terduga, setelah 3 tahun pembangunan patung tersebut, timor leste lepas dari Indonesia.

Itulah ulasan dan penjelasan tentang 11 Ikon Negara Asia Tenggara (Asean) dengan lengkap. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa untuk dibagikan ke sosial media anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published

Verified by MonsterInsights