5/5 - (1 vote)

Hutan bambu Bekasi, tempat wisata yang bernuansa alam gratis. Jika Anda sedang berada di Bekasi kurang lengkap rasanya jika belum berkunjung ke tempat wisata ini. Wisata hutan bambu memang belum banyak khalayak yang tahu disamping karena baru, lokasinya pun agak terpencil.

Namun untuk mencarinya tidaklah sulit karena bisa dijangkau dari arah manapun dan juga bisa menggunakan angkutan umum. Pohon bambu yang tumbuh di tempat wisata tersebut merupakan pohon bambu yang tumbuh secara alami kemudian dipelihara untuk menjadi tempat wisata.

Daya Tarik Wisata Hutan Bambu Bekasi

Hutan bambu Bekasi
www.masukpakeko.id

Wisata hutan bambu Bekasi Timur termasuk adem meskipun cuaca kota Bekasi lumayan panas. Ketika sampai di tempat wisata tersebut Anda akan disajikan rimbunnya pohon bambu yang tinggi. Udara yang sejuk membuat pengunjung betah berlama-lama di tempat wisata ini.

Obyek wisata bernuansa alam ini berlokasi di Kota Bekasi, Kecamatan Bekasi Timur, Kelurahan Margahayu RT 04 RW 026 yang posisinya tepat di pesisir sungai Bekasi. Salah satu daya tarik yang dimiliki hutan bambu adanya saung bambu untuk bersantai bersama keluarga sehingga bisa menikmati suasan dusun bambu (kampung bambu).

Berikut beberapa daya tarik wisata hutan bambu yang berlokasi di kota Bekasi:

1. Dermaga Cinta

Dermaga cinta merupakan spot yang paling banyak menarik pengunjung wisata hutan bambu. Bagaimana tidak, jika Anda ingin berfoto di dermaga cinta, Anda harus rela antri panjang. Dermaga cinta adalah spot yang berbentuk hati dan dicat warna-warna.

Hal ini tentu menambah daya tarik pengunjung ketika melihatnya. Ketika memasuki dermaga cinta, Anda akan mendapati bambu berbentuk hati yang sangat bagus dijadikan spot foto. Konon katanya spot dermaga cinta melambangkan cinta yang abadi.

Itulah sebabnya mengapa spot dermaga cinta merupakan spot yang paling ramai pengunjung di wisata hutan bambu. Meskipun baru wisata hutan bambu Bekasi Timur ini menjadi tempat wisata favorit anak muda yang datang bersama pasangannya.

2. Live Musik

Bagi yang hobi bernyanyi, Anda bisa menyalurkan hobi di wisata hutan bambu. Karena di sini tersedia spot live musik. Disediakan panggung dengan iringan musik dan bisa bernyanyi lagu favorit Anda. Untuk menyaksikan live musik disediakan tempat lesehan santai di bawah dedaunan bambu yang rindang.

Pohon bambu tersebut tumbuh secara alami di pesisir sungai. Kemudian direnovasi menjadi wisata hutan bambu Bekasi yang memiliki banyak fasilitas seperti saung untuk sekedar duduk dan bersantai bersama keluarga sambil berfoto.

3. Wifi Gratis

Bagi Anda yang tiba-tiba kehabisan kuota internet ketika berada di tempat wisata hutan bambu tidak perlu khawatir karena disediakan wifi gratis. Namun, ketika menggunakan wifi ini Anda harap bersabar karena aksesnya akan sedikit lambat dikarenakan banyaknya pengunjung yang menggunakannya.

4. Jembatan Gantung

Hutan bambu di Bekasi banyak memiliki spot Instagramable. Selain dermaga cinta terdapat jembatan gantung yang juga menjadi daya tarik pengunjung ketika datang ke tempat wisata ini. Dari jembatan gantung, Anda bisa melihat sungai kali Bekasi yang sudah dibersihkan kotoran sampah.

Dari spot jembatan gantung, Anda bisa berswafoto dengan latar belakang sungai yang jernih dan Kota Bekasi. Jika Anda berjalan sampai ujung jembatan gantung, Anda akan melihat pemandangan ikan yang berenang dan terkadang muncul di permukaan.

Ketika berjalan di jembatan gantung ini Anda tidak perlu khawatir jembatan akan runtuh. Karena jembatan gantung ini dibangun dengan material yang cukup kokoh dan kuat.

5. Area Bersepeda

Jika Anda berkunjung ke wisata hutan bambu, Anda bisa membawa sepeda karena wisata hutan bambu menyediakan area khusus bersepeda. Di sini Anda bisa leluasa menggunakan sepeda untuk menjelajahi hutan bambu tanpa harus lelah berjalan kaki.

6. Rumah Pohon

Selain saung tempat bersantai, hutan bambu menyajikan rumah pohon sebagai salah satu daya tariknya. Rumah pohon ini didesain dengan Instagramable sehingga menjadi spot yang bagus untuk berfoto. Dari rumah pohon bambu Anda dapat melihat burung Jalak.

Burung tersebut terdapat di dalam kandang dengan kicauan yang menambah keseruan berwisata di hutan bambu. Selain itu, rumah pohon akan nampak taman bunga yang tidak begitu luas namun memberikan keasrian obyek wisata di Bekasi ini.

7. Perahu

Bagi Anda yang membawa buah hati, bisa mengajak mereka untuk menaiki perahu. Perahu dayung ini tentu ada petugasnya. Sekedar berkeliling sungai sambil menikmati airnya yang jernih dan bebas sampah. Sesekali akan nampak ikan berenang ke permukaan air.

Hal tersebut tentu akan menyenangkan bagi anak-anak. Untuk dapat menggunakan perahu ini, Anda dikenakan biaya Rp10.000 yang sangat terjangkau. Dengan harga yang murah, sudah dapat menjelajahi sungai di sekitar hutan bambu sambil berfoto bersama keluarga.

Fasilitas yang Terdapat di Wisata Hutan Bambu

Saung Hutan Bambu Bekasi
www.masukpakeko.id

Mengenai fasilitas di wisata hutan bambu bekasi timur, Anda tidak perlu khawatir karena di sini cukup baik dalam memberikan pelayanan kepada pengunjung.  Berikut beberapa fasilitas yang disediakan:

  • Warung makanan dan minuman
  • Toilet bersih
  • Mushola
  • Tempat duduk dan lesehan berupa rumah pohon
  • Tempat parkir yang luas bisa untuk mobil, motor dan sepeda
  • Saung untuk bersantai
  • Perahu untuk menjelajahi sungai bambu

Harga Tiket dan Jam Operasional Wisata Hutan Bambu

Harga tiket masuk hutan bambu ini sifatnya gratis. Namun jika ingin menaiki wahana perahu untuk menjelajah sungai dikenakan tarif Rp10.000 sekali jalan.

Sedangkan jam operasional wisata hutan bambu buka buka setiap hari. dari jam 8.00 sampai jam 17.00 baik itu weekday maupun weekend. Hanya saja jika weekend tempat wisata seluas delapan ribu hektar ini akan tampak sesak dan ramai. Jadi jika ingin menaiki wahana, harus mengantri terlebih dahulu.

Rute Menuju Obyek Wisata Hutan Bambu

Rute menuju hutan bambu di Bekasi bisa ditempuh melalui dua rute, di antaranya:

1. Dari Arah Narogong

Dari arah jalan Raya Narogong, terdapat perempatan Rawa Panjang lalu jalan terus kemudian memasuki jalan Kartini. Setelah itu, Anda akan melewati fly over Tol Jakarta-Cikampek lalu sebelum kantor PDAM belok kiri tepat di depan komplek perumahan Sapta Pesona.

Setelah belok kiri, ikuti saja jalan sekitar 600 meter dari depan gerbang. Jika Anda membawa sepeda bisa menggunakannya tanpa perlu jalan kaki.

2. Dari Arah Giant

Jika Anda menggunakan mobil pribadi, lebih baik gunakan rute dari arah Giant karena lebih menghemat waktu karena jarak lebih dekat. Ikuti jalan Chairil Anwar di samping Giant, setelah itu masuk melalui jalan Sarbini.

Setelah itu, akan tampak bergang bertuliskan selamat datang yang terbuat dari bambu. Anda akan diminta sumbangan yang sifatnya sukarela untuk biaya perawatan hutan bambu. Dari gerbang utama sudah terlihat saung dan pohon bambu yang rindang untuk bersantai.

Masing-masing pohon bambu terdapat identitas serta nama bambu yang diberikan. Pohon bambu tersebut diberikan nama latin berserta manfaatnya.

Hutan bambu Bekasi mampu menyajikan wisata bernuansa alam di tengah kota yang mana sudah sangat jarang. Tempat wisata terbuka ini dapat menjadi tempat healing selepas penat bekerja bagi warga Bekasi maupun yang berada diluar Bekasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published

Verified by MonsterInsights