5/5 - (3 votes)

Pesantren di Bekasi – Pondok pesantren merupakan salah satu fasilitas pendidikan yang dipilih banyak orang tua untuk si buah hati. Umumnya pendidikan non-formal berbasis agama Islam lebih diminati masyarakat daerah. Namun tentu juga terdapat banyak pesantren di Bekasi dan kota-kota besar yang terkenal bagus.

Ini dapat menjadi solusi bagi orang tua yang tidak tega jika mengirim anak ke pondok yang jauh hingga di luar kota. Kali ini, akan di bahas berbagai pondok pesantren terbaik yang ada di Bekasi lengkap dengan pendidikan formal yang disediakan hingga alamatnya!

Nama-Nama Pondok Pesantren di Bekasi yang Terbaik

Pesantren di Bekasi

Mengingat mayoritas agama masyarakat Indonesia, tidak heran jika terdapat berbagai pesantren yang tersebar di berbagai penjuru. Dalam hal ini, tentu kota Bekasi yang berdekatan dengan ibukota tidaklah menjadi pengecualian.

Semakin kesini pun juga banyak pesantren yang menyediakan pendidikan formal di dalamnya. Selain bermodel kombinasi, juga terdapat pesantren Salafiyah (tradisional), Ashriyah (Modern), hingga pondok Tahfidz Qur’an (Hafalan Al-Qur’an) di Bekasi.

Inilah berbagai pesantren terbaik di Bekasi yang direkomendasikan:

1. Pesantren An-Nur YAPINK Bekasi

YAPINK atau yang memiliki kepanjangan Yayasan Perguruan Islam el-Nur el-Kasysyaf merupakan salah satu pesantren terbaik di Bekasi. Pesantren ini telah didirikan sejak tahun 1969 lalu dan sekarang memiliki berbagai pendidikan formal di dalamnya.

Hal itu meliputi RA (TK), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), SMP, Madrasah Aliyah (MA), SMA, serta Institut Agama Islam Shalahuddin Al-Ayyubi (INISA). Adapun pendidikan non formal yang dimiliki meliputi Madrasah Diniyah, Tahfidz Qur’an, hingga Pendalam Kitab Kuning.

Dengan adanya fasilitas pendidikan yang lengkap seperti di atas, para orang tua tidak perlu khawatir lagi dengan ijazah pendidikan dan ilmu yang bisa didapatkan anak. Karena selain adanya pendidikan formal dan non formal, Pesantren YAPINK juga dilengkapi dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler.

Detail Pondok Pesantren:

  • Alamat Pesantren: Sultan Hasanudin No. 226, Tambun Selatan, Bekasi, Jawa Barat
  • No yang Dapat Dihubungi: 021 8832 6854
  • Pengasuh Pesantren: Mohammad Dawam Anwar

2. Pondok Pesantren Modern Al-Hassan Bekasi

Kali ini juga terdapat pondok pesantren modern di Bekasi yang direkomendasikan, yaitu PonPes Al-Hassan. Adapun berbagai program yang dijunjung oleh pondok pesantren di Bekasi kali ini terangkum dalam poin berikut:

  • Terdapat program tahfidz Al-Qur’an 30 juz
  • Terdapat pengajaran Bahasa Arab
  • Mata pelajaran disampaikan dengan menggunakan Bahasa Arab
  • Pengajar agama yang ada di pondok pesantren semuanya berkompeten
  • Terdapat kurikulum terpadu
  • Terdapat banyak program untuk lingkungan yang dilaksanakan

Dari program tersebut dapat terlihat bahwa Pondok Pesantren Al-Hassan memiliki visi misi yang begitu bagus dalam mencetak santri yang berintelek dalam agama sekaligus umum. Karena terdapat pelajaran Bahasa Arab, maka kemampuan berbahasa asing santri juga akan meningkat dengan lebih cepat.

Dengan begitu, pemahaman akan kitab-kitab, hingga menghafal Al-Qur’an juga akan terasa lebih mudah dan efisien. Selain itu, dengan adanya kurikulum terpadu, maka kepemimpinan anak dalam berorganisasi juga akan terlatih.

Detail Pondok Pesantren:

  • Alamat pesantren: Jambu Ujung, Jatimakmur, Pondok Gede, Bekasi
  • No yang Dapat Dihubungi: 021 8497 0404
  • Ketua Yayasan: Mahfudz Abdurrahman
  • Pemimpin Pesantren: Dr. KH. Ahmad Satori Ismail, MA

Pesantren di Bekasi

3. Pesantren An-Nida Al-Islamy Bekasi

Pesantren An-Nida Al-Islamy adalah pesantren berikutnya yang menyediakan pendidikan non formal sekaligus pendidikan formal di dalamnya. Hal ini mulai dari jenjang TPA, MTs, MA, hingga STIT (sederajat dengan Institut).

Sementara pendidikan non formal yang disediakan yaitu sama dengan berbagai pesantren lain, yaitu adanya Madrasah Diniyah. Hanya saja pendidikan non formal disini juga dilengkapi dengan adanya program Tahfidz Al-Qur’an.

Karena termasuk dalam daftar pesantren di Bekasi yang bagus, fasilitas di dalamnya juga terbilang lengkap. Untuk menunjang kegiatan santri, pesantren ini menyediakan asrama santri, asrama pengasuh, koperasi, lapangan, perpustakaan, kamar mandi, hingga klinik kesehatan.

Detail Pondok Pesantren:

  • Alamat Pesantren: Ir. H. Juanda, Margahayu, Kec. Bekasi Timur, Kota Bekasi
  • No yang Dapat Dihubungi: 021 8801 394 atau 021 8839 7828
  • Pendiri Pesantren: Syekh Muhammad Muhajirin Amsar Addary

4. Pondok Pesantren At-Taqwa Bekasi

Bagi orang tua yang benar-benar menginginkan pondok terpisah antara putra dan putri, maka pondok pesantren ini bisa menjadi salah satu pilihan terbaiknya. PonPes At-Taqwa memiliki dua jenis pondok, yaitu PonPes putra dan PonPes putri.

Walau bertempat di lokasi yang sama, kedua pondok tersebut memiliki gedung yang terpisah. Fasilitas penunjang pendidikannya lengkap dengan didukung para guru dan staf yang berkompeten di bidangnya. Adapun hal yang terkenal dari PonPes ini terletak pada kurikulumnya.

At-Taqwa menggunakan kombinasi antara Kurikulum Pemerintah dengan Kurikulum Luar Negeri (Cambridge & Al-Azhar Mesir) serta Kurikulum Pondok.

Detail Pondok Pesantren:

  • Alamat Pesantren: KH. Noer Ali, Jl. Ujung Harapan No. 89, Kec. Babelan, Bekasi, Jawa Barat
  • No yang Dapat Dihubungi: 021 8920 391 (asrama putra) dan 021 8913 2254 (asrama putri)

5. Pondok Pesantren Al-Muchtar Bekasi

Selanjutnya terdapat pondok pesantren yang menyediakan pendidikan formal berbasis agama Islam di dalamnya, yaitu PonPes Al-Muchtar. Adapun jenjang yang disediakan mulai dari TKIT, SDIT, SMPIT, sampai SMAIT.

Selain berbagai pendidikan formal berbasis agama Islam di atas, pesantren ini juga dilengkapi dengan berbagai kegiatan untuk menunjang perkembangan santri. Hal ini mulai dari kegiatan pengembangan diri, outing, olahraga, dan masih banyak lagi.

Detail Pondok Pesantren:

  • Alamat Pesantren: KH. Muchtar Tabrani No. 32, Perwira, Bekasi Utara, Kota Bekasi
  • No yang Dapat Dihubungi: 021 8889 2829

Pesantren di Bekasi

6. Pondok Pesantren Al-Istighoutsah Bekasi

Mencari pondok pesantren yang menyediakan pengajian kitab kuning sekaligus pendidikan formal? Maka pesantren yang ada di Bekasi ini dapat menjadi tujuan yang bisa dipilih. Pasalnya Ponpes Al Istighotsah menediakan pengajian Kitab Kuning dan Thoriqoh.

Di samping itu, juga terdapat pendidikan formal jenjang MTs serta MA yang disediakannya. Fasilitas yang disediakannya juga dapat dikatakan lengkap untuk menunjang pendidikan anak. Ini disempurnakan dengan para pengajar yang berkompeten pada bidangnya.

Ponpes Al-Istighoutsah juga menyediakan berbagai kegiatan yang bisa dipilih oleh santri sesuai dengan minat dan bakatnya. Ini akan membentuk anak bagus dalam hal pendidikan formal, agama, sekaligus keahlian bakat yang dimilikinya.

Detail Pondok Pesantren:

  • Alamat Pesantren: Keramat Cijengkol, Kp. Cinyosog, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat
  • No yang Dapat Dihubungi: 081213905932
  • Pendiri Pesantren: Mahfudz Syafi’I (‘Alim dari Jombang Jawa Timur)

7. Pondok Pesantren Al-Hidayah Al-Mumtazah Bekasi

Kali ini terdapat Pondok Pesantren di Bekasi yang menjalankan program terpadu. Ponpes Al-Hidayah Al-Mumtazah menyediakan program reguler untuk Diniyah dengan pendidikan selama 6 tahun yang meliputi MTs dan MA.

Sementara itu, di dalamnya juga terdapat program intensif atau pendidikan singkat untuk diniyah. Hal ini dibersamai dengan program 3 tahun untuk lulusan MTs serta SMP yang ingin melanjutkan studinya di Ponpes ini.

Dalam pesantren Al-Hidayah Al-Mumtazah, santri diharuskan mengikuti program pengabdian atau pendidikan mengajar di luar waktu pendidikan yang ditempuh. Adapun pengabdian di pesantren ini berlangsung dalam jangka waktu minimal 1 tahun.

Selain menyediakan pendidikan formal yang berbasis agama Islam, para santri juga bisa mengikuti berbagai kegiatan sesuai minat dan bakatnya. Ini meliputi Tahsin, Tahfidz, pidato 3 bahasa (Arab, Indonesia, dan Inggris) Hadrah, Qalami hingga Marawis.

Detail Pondok Pesantren:

  • Alamat Pesantren: Wibawa Mukti II, Kp. Pedurenan, Jatiluhur Jatiasih, Kota Bekasi
  • No yang Dapat Dihubungi: 021 8273 7793

Dari berbagai profil dan detail program pembelajaran Ponpes di atas dapat diketahui bahwa terdapat banyak pesantren yang bagus di Bekasi.

Sementara itu, untuk memilih pesantren di Bekasi yang ingin dituju, langsung saja hubungi no yang tertera. Orang tua juga bisa langsung mengunjungi lokasi pesantren untuk mendapatkan informasi lebih jelas dan akurat. Untuk mendapat informasi seputar bekasi, bisa cek di Bekasi.Media ini ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published

Verified by MonsterInsights