3.3/5 - (3 votes)

Peluang usaha makanan internasional – Dunia kuliner selalu menghadirkan berbagai makanan yang menarik  dan unik. Saat ini, kuliner yang ada di belahan dunia atau makanan luar negeri juga semakin populer di Indonesia.

9 Contoh Makanan Luar Negeri untuk Peluang Usaha Makanan Internasional

peluang usaha makanan internasional
gobiz.co.id

Melihat banyak masyarakat yang menyukai makanan luar negeri sehingga peluang usaha kuliner berbagai makanan belahan dunia bagus untuk dijalankan. Berikut ada beberapa kuliner dari berbagai negara yang bagus dijadikan bisnis kuliner:

  • Takoyaki

Makanan khas Jepang ini sudah hadir di Indonesia dan diterima baik oleh masyarakat pada tanah air. Meskipun umumnya menggunakan gurita sebagai isiannya, namun kini juga ada isian udang, cumi ataupun kentang atau daging lain yang disukai. Konsumen bisa mendapatkan dengan harga terjangkau. 

  • Es krim Singapura

Es krim ini disajikan di atas selembar roti tawar dan bisa didapatkan dengan harga yang terjangkau. Uniknya es krim tidak mudah mencair karena penggunaan tepung supaya es krim tersebut tidak meleleh hingga suapan akhir. Pelaku bisnis bisa memulai bisnis ini dengan modal kecil.

  • Churros

Inilah adalah nama lain dari Donat Spanyol yang bisa dijalankan dengan modal yang tidak terlalu besar. Dinamakan donat karena adonannya mirip seperti donat sedangkan dari bentuk rasa dan saus yang digunakan, makanan ini bukanlah donat.

Apalagi bentuk churros ini bukan bulat layaknya donat pada umumnya tetapi berbentuk panjang dan bagian tepinya bergerigi yang disajikan dengan coklat dan saus. Rasanya yang nikmat dan bentuknya sangat bagus dijadikan camilan di saat-saat tertentu. Churros cukup bagus untuk peluang usaha makanan internasional Indonesia.

  • Singkong Thailand

Singkong sudah dikenal oleh hampir semua masyarakat Indonesia dan umumnya dimanfaatkan untuk keripik, singkong rebus. Namun, ternyata Thailand juga ada menu makanan berbahan singkong yang dibuat dengan merebusnya bersama daun pandan dan garam.

Saat sudah matang kemudian ditaburkan gula dan diaduk kembali menggunakan api sedang hingga mengental. Dan singkong pun siap disajikan. Bisnis yang tidak butuh modal besar ini bisa dibuat dengan mudah. Namun singkong bukan dimakan begitu saja, melainkan disajikan dengan saus santan yang kental. 

  • Turkish delight

Camilan yang datang dari Turki juga bagus untuk bisnis kuliner modal kecil. Bentuknya yang kenyal berwarna-warni yang diselimuti warna putih cukup menarik perhatian, apalagi jika ada anak-anak melihatnya. Gerai yang menjual makanan ini belum banyak sehingga bagus untuk dicoba sebagai peluang usaha kuliner Internasional.

  • Es krim Dondurma Turki

Masih dengan kuliner turki yang bisa dijadikan usaha kuliner di Indonesia dengan modal kecil. Akhir-akhir ini es krim ini populer di Indonesia.  Es krim ini terbuat dari gula, getah mastic, salep dan susu. Salep di sini bukan salep obat tetapi tepung dari bunga anggrek pegunungan. Salep dan getah mastic ini yang membuat es krim dondurma bertekstur kenyal, elastis dan agak lengket. Untuk penyajiannya bisa menggunakan cup atau cone. 

  • Tteokbokki

Makanan Korea ini juga mulai populer di Indonesia dengan modal yang kecil, bisnis kuliner ini bisa dijalankan. Nama lain dari makanan ini adalah kue beras yang bentuknya kenyal disajikan dengan kuah pedas. Konsumen bisa menemukan ini di pinggir jalan, restoran atau tempat khusus yang menual makanan ini. mengingat masih sangat jarang orang yang menjual makanan ini, sehingga bagus perlu bisnis untuk mulai mencoba bisnis tteokbokki. Apalagi proses pembuatannya tidak terlalu sulit. 

  • Roti Maryam

Roti yang terkenal dengan nama roti canai ini populer di Indonesia dan Malaysia dan salah satu peluang usaha makanan internasional modal kecil. Meskipun umumnya roti ini disajikan dengan kuah kari kambing, tetapi di Indonesia dijual dengan inovasi tertentu.

  • Tornado potato

Kuliner Korea yang masih menjadi perbincangan ini juga bagus dijalankan di Indonesia. Bentuknya yang spiral dengan warna kuning emas cukup menarik perhatian. Pelaku bisnis bisa membuka gerai tornado di pinggir jalan dengan menggunakan gerobak. Tornado potato ini di Indonesia juga dikenal dengan nama kentang putar atau kentang spiral. 

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Kuliner

peluang usaha makanan internasional di Indonesia
klook.com

Setelah mengetahui contoh-contoh bisnis kuliner beberapa negara dengan modal kecil, berikut ada tips-tips dalam menjalankan bisnis kuliner:

  • Tentukan konsep restoran yang akan dibangun

Restoran ataupun rumah makan yang akan dibangun ditentukan dulu konsep dan desain yang sesuai. Manajemen perlengkapan ataupun perabotan restoran juga berpengaruh pada suka atau tidaknya konsumen untuk datang berkunjung. Sehingga gunakanlah konsep yang unik dan menarik dan sesuai dengan bisnis yang dijalankan. 

  • Gunakan lebih dari satu menu

Sebaiknya gunakan lebih dari satu menu, karena ini juga mampu menarik konsumen dengan beragamnya menu makanan dan minuman yang bisa dipilih sendiri. Konsumen pun tidak merasa rugi datang ke restoran hanya untuk mencicipi satu menu makanan. Selain  itu, dengan menghadirkan beberapa variasi menu hidangan, omset yang akan didapatkan lebih tinggi daripada hanya menawarkan satu menu.

Jika bahannya sulit ditemukan dan didapatkan dengan harga yang mahal dan cara membuatnya sulit, maka menu ditawarkan dengan harga yang lumayan tinggi juga. Untuk contoh peluang usaha makanan internasional telah dijelaskan di atas.

  • Tentukan lokasi

Sebelum membuat restoran atau memulai bisnis, penentuan lokasi perlu dilakukan karena juga berpengaruh bagi laris atau tidaknya makanan yang dijual. Jika makanan dijual menggunakan gerobak, ada banyak tempat yang bisa dipilih. Namun jika membangun restoran tentu saja harus memilih tempat yang benar-benar bagus untuk bisnis kuliner yang akan dijalankan. 

  • Target konsumen

Setiap orang tentunya menyukai makanan apalagi yang hobinya wisata kuliner. Untuk kuliner internasional ini bisa ditawarkan kepada semua kalangan konsumen karena harganya juga tidak terlalu mahal. Sehingga anak-anak, remaja, orang dewasa dan masyarakat dari berbagai kalangan bisa mencicipi kuliner yang ditawarkan. Penentuan konsumen yang akan ditargetkan berpengaruh pada pemilihan lokasi penjualan. 

  • Teknik pemasaran

Ini juga sangat penting dalam menjalankan bisnis karena jika teknik pemasarannya tidak bagus, bisnis tersebut bisa tidak berkembang bahkan bisa gulung tikar. Teknik pemasaran yang digunakan beragam, mulai dari memanfaatkan pamflet, bagikan brosur di depan kampus, sekolah dan tempat lain yang ramai orang. 

Selain cara offline, juga bisa online dengan mempromosikan melalui media sosial seperti Instagram, Facebook dan juga bisa dibuat web khusus tentang kuliner yang dijual. Bahkan akan lebih bagus lagi jika dibuka layanan pesan antar sehingga semakin banyak konsumen yang mau membeli kuliner yang ditawarkan. 

Sekian artikel tentang beberapa contoh makanan internasional yang bagus untuk peluang usaha makanan internasional di Indonesia. Kalau Anda tertarik terjun ke peluang usaha kuliner internasional, namun tidak punya banyak waktu dan tenaga untuk mengelolanya maka solusinya adalah menjadi investor melalui FOODIN.ID ini. Sebuah platform terpercaya yang mempertemukan investor dengan para pebisnis kuliner dan pembagian keuntungan lewat sistem bagi hasil jelas.

Leave a Reply

Your email address will not be published

Verified by MonsterInsights