5/5 - (1 vote)

Daftar Makanan Khas Bekasi – Bekasi selama ini dikenal sebagai salah satu kota industri yang super panas. Tapi dibalik itu semua, Bekasi memiliki banyak makanan khas yang cukup populer. Untuk itu, ketika berkunjung ke wilayah ini maka jangan sampai terlewatkan untuk mencoba makanan khas Bekasi.

Makanan Bekasi tersedia dalam berbagai macam bentuk seperti makanan berat dan makanan ringan yang bisa Anda pulang untuk oleh-oleh. Makanan khas ini juga bisa ditemukan dengan mudah di hampir seluruh sudut kota Bekasi. Penasaran dengan makanan tersebut? Simak ulasan berikut ini.

10 Daftar Makanan Khas Bekasi Yang Wajib Dicoba

makanan khas bekasi

Berbagai macam olahan makanan khas ini cocok untuk oleh oleh khas Bekasi dan oleh oleh khas Cikarang ya. Beberapa diantara oleh oleh yang biasa dikenal adalah biji ketapang, kembang goyang, akar kelapa, jajanan dodol khas betawi. Namun juga ada jenis minuman khas bekasi juga yang dapat dijadikan oleh oleh untuk keluarga di kampung halaman, diantaranya adalah bir pletok. Untuk kali ini , kami akan merekomendasikan makanan dan jajanan (cemilan) khas Bekasi untuk kalian bawa pulang kampung atau untuk dicicipi.

1. Sayur Gabus Pucung

Makanan Khas Bekasi

Kota Bekasi dulunya mempunyai banyak rawa yang menjadi tempat ikan gabus untuk berkembang biak dan hidup. Inilah yang membuat masyarakat sekitar sering mengonsumsi ikan gabus dan dijadikan sebagai olahan seperti sayur gabus pucung.

Untuk mengolahnya, ikan gabus harus digoreng kemudian dimasak selama beberapa menit dengan kuah sedikit hitam. Kuah tersebut dari campuran kluwak yang memiliki resep dengan rasa agak pedas. Sekarang ini, sayur gabus pucung sudah menjadi salah satu kuliner  Bekasi yang cukup populer.

Bahkan saking populernya, pemerintah kota Bekasi meminta semua hotel yang ada di wilayahnya untuk menjadikan sayur ini sebagai menu wajib. Selain di hotel, Anda bisa mencoba kuliner  Bekasi ini di Rumah Makan Udin Kombo yang berada di ujung Harapan Indah.

2. Kue Rangi

Makanan Khas Bekasi

Dilihat sekilas, bentuk kue rangi sama seperti pukis karena cetakan yang digunakan hampir sama. Bahan dasar yang digunakan dalam pembuatan kue rangi hanya ada dua jenis yaitu parutan kelapa dan tepung kanji.

Tepung kanji dibutuhkan untuk membuat tekstur kue rangi menjadi kenyal dan agak lengket, sedangkan bahan parutan kelapa bisa membuat kue terasa lebih gurih. Makanan khas Bekasi ini biasa disajikan dengan saus yang dibuat dari gula merah untuk memberikan rasa manis.

3. Bandeng Rorod

Makanan Khas Bekasi

Masakan Bekasi yang terkenal lezat ini sudah menjadi ikon Bekasi. Selain bisa dijadikan sebagai lauk pauk untuk disantap secara langsung, bandeng rorod juga cocok untuk oleh-oleh dari untuk diberikan kepada keluarga di kampung halaman.

Namun bandeng rorod berbeda dengan olahan bandeng lainnya seperti bandeng presto. Makanan khas kota Bekasi ini tak memiliki duri sama sekali. Inilah yang membuat bandeng rorod menjadi semakin nikmat untuk Anda coba.

Tak adanya duri pada olahan bandeng ini dikarenakan proses pembuatannya yang unik. Jadi sebelum ditambahkan bumbu, bagian tulang dan duri pada bandeng akan ditarik secara paksa hingga bandeng benar-benar bersih dari tulang dan duri.

Rekomendasi : Tempat Makan di Bekasi yang Wajib di Kunjungi dan Dicicipi!

4. Oblok Tongki

Makanan Khas Bekasi

Nama makanan ini memang asing, tapi untuk masalah rasa dijamin membuat ketagihan. Oblok tangki dibuat dari daging bebek yang kemudian diolah dengan berbagai macam rempah pilihan. Tampilannya mirip rendang, tetapi dalam pembuatannya tidak menggunakan santan.

Oblok tangki memiliki cita rasa sangat gurih dengan daging yang empuk. Rasanya akan semakin menggugah selera jika penyajiannya ditambah sambal hijau tepat diatasnya. Harga makanan Bekasi yang satu ini adalah sekitar Rp25.000,- per porsi.

5. Sop Janda (Jawa Sunda)

Makanan Khas Bekasi

Sop janda adalah kepanjangan dari Sop Jawa Sunda. Kuliner ini mengkombinasikan antara rempah Sunda dan Jawa sehingga memiliki rasa yang sangat menggoda selera. Bahan dasar yang digunakan adalah daging sapi ditambah dengan tulang sebagai pelengkapnya.

Tulang tersebut direbus cukup lama sehingga menghasilkan kaldu alami yang memiliki rasa gurih sedap. Sedangkan untuk kuahnya juga ditambahkan dengan cabai ijo berukuran besar sehingga cita rasanya semakin gurih dan pedas.

Makanan ini bisa Anda temukan dengan mudah di depot Sop Janda Bu Darmi atau Sop Janda Mama Indah Bekasi. Hanya dengan budget sekitar Rp25.000,- maka Anda sudah bisa mencicipi makanan khas Bekasi yang satu ini.

Rekomendasi : Makanan Tradisional Bekasi yang Terenak!

6. Kue Duit

makanan khas bekasi

Makanan ini dinamakan kue duit karena memiliki bentuk yang mirip dengan uang logam. Kue duit biasanya memiliki warna putih bersih dengan tekstur yang gurih dan renyah. Bahan utamanya adalah tepung yang diolah dengan cara digoreng cukup lama dengan minyak panas.

Rasanya akan semakin renyah jika proses penggorengannya benar-benar kering. Tapi cita rasanya lebih dominan manis. Kue ini bisa Anda nikmati saat bersantai sambil minum teh atau kopi.

Anda bisa membelinya di beberapa toko kue di Bekasi seperti Butri Cake & Bakery atau Dennis Cake dengan kisaran harga sekitar Rp15000,- per pack.

7. Sayur Asem Bekasi

Makanan Khas Bekasi

Bagi kebanyakan orang, sayur asem memang bukan termasuk jenis makanan yang istimewa. Hal ini karena sayur asem banyak ditemukan di setiap daerah. Tapi meski begitu, setiap daerah mempunyai ciri khas yang berbeda.

Seperti misalnya sayur asem Bekasi, bahan yang digunakan sangat bervariasi seperti labu, kangkung, kacang dan jagung. Makanan ini menggunakan rempah dan bumbu dalam jumlah banyak sehingga aroma yang dihasilkan semakin kuat. Sayur asem biasanya disajikan dengan sambal agar lebih nikmat.

8. Soto Tangkar Bekasi

Makanan Khas Bekasi

Soto tangkar selama ini populer sebagai kuliner khas Betawi, namun ternyata makanan ini juga banyak dijumpai di Bekasi, Jawa Barat. Bahan dasar yang digunakan dalam pembuatan makanan ini adalah iga sapi.

Bagian iga sapi memang banyak diincar oleh pecinta kuliner karena rasanya yang lezat sekaligus memiliki sensasi yang tersendiri.  Proses pengolahan soto tangkar dilakukan dengan cara merebus bagian iga sapi bersama rempah-rempah dan bumbu selama dua jam.

Selain membuat daging iga sapi menjadi empuk, perebusan ini juga membuat kaldu yang keluar bisa lebih banyak. Untuk menjajal makanan khas betawi ini Anda cukup merogoh budget sekitar Rp25.000,- per porsi.

9. Wajik Ketan Bekasi

Makanan Khas Bekasi

Wajik ketan merupakan makanan Bekasi yang dibuat dari bahan utama beras ketan. Selain itu, dalam proses pembuatannya juga ada bahan lain seperti gula merah dan santan. Proses pembuatannya bisa dibilang cukup mudah, dimana beras ketan diolah dengan cara dikukus selama beberapa saat.

Jika sudah matang maka bisa ditambahkan dengan campuran gula merah dan santan. Kemudian dimasak lagi sebentar sampai mendapat tingkat kematangan yang sempurna. Terakhir tinggal dibiarkan sampai dingin kemudian dipotong khusus agar memiliki bentuk menyerupai wajik.

10.  Kue Sagon

Makanan Khas Bekasi

Kue sagon merupakan camilan yang dibuat dari bahan dasar tepung beras ketan. Dalam proses pembuatannya, tepung beras ketan harus disangrai lebih dulu. Kemudian dicampurkan dengan bahan tambahan kelapa parut.

Campuran dari kedua bahan inilah yang bisa membuat kue sagon terasa lebih gurih dan memiliki cita rasa yang khas. Sedangkan untuk masalah bentuk cukup bervariasi, ada kue sagon yang memiliki bentuk persegi panjang dan ada yang bulat pipih.

Bentuk dari kue sagon yang bervariasi ini tergantung dari cetakan yang digunakan. Kue sagon bisa Anda beli di Veni Bakery atau Roti Sagon Monas Bekasi dengan harga kurang lebih sekitar Rp15000,- per pack.

Deretan makanan khas Bekasi ini sayang dilewatkan ketika berkunjung di kota Bekasi. Masing-masing makanan tentu memiliki cita rasa yang berbeda. Jadi makanan khas manakah yang tertarik untuk Anda coba?

Leave a Reply

Your email address will not be published

Verified by MonsterInsights