5/5 - (1 vote)

Daftar Pabrik di Gresik  – Pabrik di Gresik banyak yang terkenal sebagai industri yang memiliki gudang dan fasilitas yang besar dan berisi peralatan berat untuk jalur perakitan. Gresik ini merupakan kota yang dijuluki sebagai kota industri, karena saking banyaknya industri yang berdiri di kota yang sudah dikenal dengan sebutan kota wali ini.

Industri yang disebut pabrik ini merupakan sebuah bangunan industri yang besar dimana banyak pekerja mengawasi mesin yang berproses dan juga mengolah benda dari satu produk menjadi suatu produk lainnya.
Pabrik merupakan bangunan industri yang besar dimana banyak pekerja mengawasi mesin yang berproses dan juga mengolah benda dari satu produk menjadi suatu produk lainnya.

Pabrik ini memiliki banyak bidang, dan dibagi menjadi dua yang paling umum, yaitu ada industri barang dan industri jasa. Di bidang jasa meliputi pelayanan berupa jasa seperti jasa asuransi, jasa kesehatan, jasa transportasi seperti pelayaran, penerbangan, angkutan, dan kereta api.Sedangkan industri barang ini merupakan industri yang bisa memproduksi berbagai jenis barang berupa sepeda motor, sepatu, mobil, obat-obatan, pakaian, pupuk dan lain sebagainya.

Gresik sudah dikenal sebagai kota yang tumbuh menjadi pusat perdagangan antarpulau dan antarnegara sejak abad ke-11 seperti China, Arab, Gujarat dan masih banyak lagi.

Pada tahun 1974 seluruh kegiatan pemerintahan berada di kota Gresik sehingga kota ini menjadi kota yang strategis untuk melakukan perdagangan. Gresik menjadi kota yang berpotensi besar untuk melakukan aktivitas perdagangan dan pelabuhan. Kondisi tersebut membuat pemerintah meresmikan Kota Gresik sebagai Kawasan yang berkutat di bidang industri.

Ada banyak sekali pabrik di Gresik yang sangat terkenal, berikut ini beberapa diantaranya:

Daftar Pabrik di Gresik 

Daftar Pabrik di Gresik

1. Pabrik Petrokimia Gresik

Alamat Kantor Pusat : Jalan Jenderal Ahmad Yani – Gresik 61119

Alamat Kantor Gresik: Jalan Gubernur Suryo Nomor 194, RW/RT 03, Pojok, Tlogopojok, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik, Jawa Timur

Yang pertama ada Pabrik Petrokimia Gresik. Pabrik ini merupakan industri yang khusus membuat banyak jenis pupuk. Petrokimia Gresik menjadi pabrik di Gresik dengan pupuk terlengkap yang ada di Indonesia.

Awalnya Pabrik ini bernama Proyek Petrokimia Surabaya yang akhirnya setelah diresmikan oleh Bapak Soeharto yang saat itu, pada tanggal 8 Desember 1964 masih menjabat sebagai Presiden RI berganti nama menjadi PT Petrokimia Gresik.

Jumlah karyawan di PT tersebut yang paling baru di pada 30 September 2023 ada sebanyak 1.906 orang. Pabrik Petrokimia Gresik ini memiliki luas lebih dari 450 Hektar.

2. PT Semen Gresik

Alamat kantor utama : Jalan RA Kartini, No. 280, Sidomoro, Kebomas, Tuban Barat, Tlogobendung, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik, Jawa Timur

Pabrik satu ini merupakan salah satu pabrik penghasil semen yang ada di Indonesia. PT Semen Gresik ini merupakan pabrik di bawah BUMN yang pertama terbuka untuk Publik di IDx.

Semen Gresik (Persero) Tbk berganti nama pada awal tahun 2013 menjadi PT Semen Indonesia (Persero) Tbk dan akhirnya menjadi induk perusahaan. Pada tahun 2014 PT ini didirikan di Rembang yang mulai beroperasi pada tahun 2017 sampai sekarang.

Baca Juga : Pabrik di Sidoarjo.

3. PT Maspion

Alamat: Desa Sukomulyo Kawasan Industri Maspion Unit V, Manyar, Gresik

PT Maspion ini juga merupakan salah satu pabrik yang sangat berkembang di Kota Gresik. Pabrik ini merupakan perusahaan yang berkutat dalam bidang produksi alat rumah tangga. Di pabrik ini terdapat lebih dari 30.000 karyawan yang tersebar di 5 area industri PT Maspion.

Pada tahun 1967, awalnya pabrik ini memproduksi alat dapur dan kemudian mulai berkembang menjadi 8 kategori bisnis utama meliputi Layanan Produk Konsumen, Konstruksi dan Material Bangunan, Produk Konsumen Industri, Properti Komersial dan Properti Industri, Hotel, Perbankan, Perdagangan dan Distribusi, Infrastruktur dan Energi, dan beragam bisnis lainnya.

4. PT Nippon Paint

Alamat: Jalan Veteran No.258, Segoromadu, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik, Jawa Timur 61123

Berdiri sejak tahun 1881, perusahaan merupakan pabrik cat tertua di Jepang. Kemudian pabrik ini berekspansi dengan cepat ke negara lain termasuk Indonesia. Di Indonesia Nippon Paint berdiri pada tahun 1969.

Nippon paint ini memiliki komitmen sebagai produsen cat yang memberikan kualitas terbaik dibawah quality control yang sangat ketat. Nippon Paint ini sudah terkenal dan ada di mana saja.

Produk cat yang inovatif dari nippon paint merupakan bukti yang bisa didapatkan di banyak industri yang ada di seluruh dunia. Nippon Paint mempunyai jaringan manufaktur industri dan kantor yang tersebar di berbagai benua seperti Asia, Eropa dan Amerika (khususnya bagian utara).

Pabrik di Gresik Jawa

5. PT Wilmar Nabati

Alamat: Jalan Kapten Darmo Sugondo No.56, Indro Legi, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik, Jawa Timur

Pabrik yang didirikan pada tahun 1991 ini adalah industri yang beroperasi di bidang pengolahan minyak sawit. Awal beroperasi, pabrik ini hanya memiliki 5 orang karyawan yang bekerja didalamnya dengan modal 100.000 dollar Singapura. Produksinya fokus hanya di negara Indonesia, China, India, Malaysia dan juga Eropa.

PT Wilmar Nabati Indonesia ini mempunyai perkebunan yang banyak tersebar di seluruh Indonesia seperti di pulau Sumatera, Kalimantan Tengah, dan juga Kalimantan Barat.

6. PT Karunia Alam Segar

Alamat: Jalan Raya Sukomulyo No.Km 24, Pongangan Krajan, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, Jawa Timur

PT Karunia Alam Segar merupakan bagian dari PT Wings Food sebagai anak perusahaan yang berdiri pada tahun 1948. Perusahaan industri ini memproduksi dan bergerak di bidang industri makanan dalam kemasan, dengan produk kebanggaannya yaitu mie instan dengan merek mie sedaap.

Baca Juga : Pabrik di Malang .

7. PT Smelting

Alamat: Gresik, Jawa Timur.

Perusahaan ini merupakan smelter pertama PT Freeport Indonesia yang dibangun di Gresik bersama dengan Jepang pada tahun 1996 yang dioperasikan oleh Mitsubishi. PT ini merupakan fasilitas smelter tembaga yang pertama ada di Indonesia dengan memurnikan konsentrat tembaga dan mengolahnya menjadi katoda tembaga demi kebutuhan produksi di luar maupun dalam negeri. PT ini dimiliki oleh PT Freeport Indonesia 25% dan konsorsium Jepang sebesar 75%.

pabrik di gresik

8. PT Garuda Food

Alamat: Jalan Krikilan KM 28, Krikilan, Driyorejo, Dusun Larangan, Krikilan, Kec. Driyorejo, Kabupaten Gresik, Jawa Timur 61177

Garuda food merupakan salah satu pabrik yang berkutat di bidang makanan dan minuman, dan merupakan yang terbesar di Indonesia. PT Garuda Food ini berdiri pada tahun 1990, namun sebenarnya jejak bisnisnya sudah dimulai sejak tahun 1979. Beberapa merek dari pabrik ini yang sudah terkenal di seluruh penjuru Indonesia diantaranya ada Gery, Chocolatos, Garuda, Clevo, Keju Prochiz dan masih banyak lagi.

Indonesia ternyata memiliki banyak potensi yang bisa memajukan bangsa dan negara ini di berbagai bidang. Salah satunya di bidang industri baik jasa atau produksi barang, terutama di Kabupaten Gresik ini.

Di Gresik banyak sekali industri atau pabrik yang berkembang di bidangnya masing-masing, seperti pertambangan, semen, konstruksi, migas dan masih banyak lagi bidang yang lainnya.

Daftar pabrik di Gresik yang sudah dibahas di atas ini bisa menjadi ringkasan informasi untuk sekedar pengetahuan ataupun untuk para pencari kerja yang sedang memilih perusahaan mana yang ingin dimasuki. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published

Verified by MonsterInsights